Bergeraklah! Terlalu Lama Berbaring Dapat Ganggu Kesehatan

TrubusLife
Hernawan Nugroho
09 Sep 2019   16:00 WIB

Komentar
Bergeraklah! Terlalu Lama Berbaring Dapat Ganggu Kesehatan

Tidur berbaring dalam durasi yang tepat, dapat menjadi obat. Jika berlebihan berubah menjadi sumber penyakit (health)

Trubus.id -- Saat kita sakit, memang sebaiknya beristirahat sampai kondisi membaik, Trubus Mania, salah satu caranya adalah dengan tidur atau berbaring seharian. Namun, kalau kita sehat, berbaring di kasur selama 24 jam saja bisa memengaruhi tubuh. Apa yang terjadi di tubuh jika seseorang berbaring di kasur seharian, seminggu, atau bahkan lebih lama lagi? Berikut ini penjelasan medis menurut Health.

1. Perubahan di Tubuh Jika Berbaring di Kasur 24 Jam

Di hari libur, mungkin ada Trubus Mania yang suka tidur-tiduran seharian. Rupanya, kalau seseorang tidur di kasur selama 24 jam tanpa bergerak, ada yang bisa terjadi pada organ di tubuhnya.  Yang pertama adalah paru-paru. Jika seseorang tidak bergerak selama 24 jam, gaya gravitasi tidak menarik paru-paru kembali pada posisi semula. Ini bisa membuat bagian bawah paru-paru orang itu mengerut, sehingga membuat lendir sulit melewati saluran di paru-paru. Akibatnya, lendir terperangkap dan bisa menyebabkan infeksi yang memicu pneumonia. Untuk menghindari ini terjadi, dokter biasanya menyuruh pasien yang harus berbaring seharian untuk sesekali duduk tegak dan batuk.

Baca Lainnya : Durasi Tidur yang Pas Dapat Turunkan Risiko Serangan Jantung

2. Perubahan di Tubuh Jika Berbaring di Kasur Seminggu

Jika seseorang tidak beranjak dari kasur selama satu minggu, ada perubahan lain yang terjadi di tubuh. Biasanya, otot dan tulang dan tulang seseorang membantu menopang berat tubuh di bawah gaya gravitasi saat berdiri. Karena tidak digunakan selama satu minggu, maka tubuh bisa kehilangan kemampuan itu. Setiap satu minggu seseorang berbaring di kasur, maka satu persen kepadatan tulangnya menghilang. Ini membuat tulang rapuh dan mudah retak. Astronaut di stasiun antariksa juga mengalami ini karena tidak bergerak, sehingga mereka harus berolahraga setiap hari dan mengonsumsi makanan atau minuman tinggi kalsium. 

Gangguan tulang belakang adalah salah satu efek buruk terlalu lama berbaring (foto: shutterstock)

Jika seseorang tidur di kasur selama satu minggu tanpa gerak, 1 persen massa ototnya juga hilang, terutama  di paha, pantat, dan bahu. Biasanya, otot itu akan menyerap gula dari darah sebagai energi. Namun, jika selama 10 hari orang terus berbaring, proses penyerapan gula dari darah ini bekerja lebih lambat. Ini membuat penumpukan gula di dalam darah dan bisa memicu diabetes tipe 2, Trubus Mania.

3. Perubahan di Tubuh Jika Berbaring di Kasur 2 Minggu

Di tubuh seseorang yang terus berbaring selama dua minggu bisa muncul bisul di area yang menekan bagian kasur terlalu lama, terutama daerah yang bertulang seperti pinggul, tulang ekor, atau pergelangan kaki. Tekanan di tempat yang sama terlalu lama akan menghalangi aliran darah dan membuat sel kulit mati dan bahkan bisa merobek lapisan dan jaringan kulit, teman-teman. Dalam waktu ini juga massa otot bisa berkurang 10 persen, yang berdampak pada berkurangnya oksigen dan aliran darah di tubuh.

Baca Lainnya : Gagal Fokus Setelah Makan Siang? Coba Tidur Singkat Selama 15-20 Menit

4. Perubahan di Tubuh Jika Berbaring di Kasur 1 Bulan

Meski terlihat seperti beristirahat, orang yang berbaring di kasur selama 1 bulan akan merasa lebih lelah. Ini dipengaruhi oleh berkurangnya sirkulasi oksigen di tubuh. Lama-kelamaan, tubuh tidak lagi kuat menahan beban berat tubuh karena kondisi otot dan tulang yang lemah. Tidur terlalu lama di kasur berbulan-bulan juga tidak baik untuk otak dan kesehatan mental.

Meskipun mungkin Trubus Mania tidak ada yang ingin tidur di kasur selama berbulan-bulan atau berminggu-minggu, ini bisa mengingatkan kita bahwa bergerak itu penting. Bahkan, meski kita merasa lelah, mungkin saja kita kurang bergerak aktif seperti olahraga dan terlalu sering bermalas-malasan. Jika sedang sakit dan harus beristirahat di atas kasur, dokter juga menyarankan untuk bergerak di atas kasur supaya jantung dan otot tetap bekerja. [NN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebakaran Hutan Australia Hancurkan Habitat Spesies Terancam Punah

Plant & Nature   21 Jan 2020 - 18:30 WIB
Bagikan:          

Kandungan di Minuman Bersoda Ternyata Bisa Membuat Kita Kecanduan

Health & Beauty   21 Jan 2020 - 17:08 WIB
Bagikan:          
Bagikan: