BMKG: 12 Wilayah Berpotensi Terjadi Peningkatan Karhutla dalam Lima Hari ke Depan

TrubusLife
Binsar Marulitua
09 Sep 2019   08:00 WIB

Komentar
BMKG: 12 Wilayah Berpotensi Terjadi Peningkatan  Karhutla dalam Lima Hari ke Depan

ilustrasi Karhutla (KLHK)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan terdapat beberapa wilayah yang mengalami peningkatan potensi kemudahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dalam 5 hari ke depan terhitung tanggal 9 - 12 September 2019. 

Berdasarkan hal tersebut, BMKG mengimbau masyarakat untuk  waspada dan berhati-hati terhadap tingginya polusi udara, radiasi matahari yang cukup terik, dan potensi kemudahan kebakaran hutan dan lahan. 

"Selain itu masyarakat juga diharap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologis seperti kekeringan,"jelas Deputi Bidang Meteorologi, BMKG R. Mulyono R. Prabowo. 

Baca Lainnya : KLHK Pasang Kamera CCTV Thermal di 15 Lokasi Rawan Karhutla

Prabowo menjelaskan, wilayah peningkatan potensi Karhutla antara lain; Sumatera Utara bagian selatan, Riau, Sumatera Barat, Kep. Riau, Jambi, Sumatera Selatan. 

Selanjutnya Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan.

Terkait peluang terjadinya hujan, Mulyono menuturkan saat ini sudah teramati terjadi hujan di beberapa wilayah Sumatera, termasuk di Riau. Dalam tiga hari ke depan diprakirakan akan terjadi hujan di Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Barat bag. utara, Kalimantan Utara, dan Papua  dengan intensitas ringan hingga sedang.

Baca Lainnya : Sanggah Klaim KLHK, Walhi Minta Pemerintah Buka Kajian Pemindahan Ibu Kota Baru  

Menurut data BMKG, pantauan hotspot oleh LAPAN pada 8 September 2019 pukul 07.00 WIB, adalah Riau 85 titik, Jambi 127 titik, Sumatera Selatan 52 titik, Kalimantan Barat 782 titik, Kalimantan Tengah 544 titik dan Kalimantan Selatan 66 titik. 

Menurut pantauan Satelit Terra Aqua MODIS, SNPP, NOAA20 dan Satelit Himawari-8 selama kurun 4 - 7 September 2019 sedikitnya 2.510 titik panas terpantau tersebar di seluruh wilayah Asean. 


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: