Peneliti Temukan Spesies Baru Paus Paruh di Pantai Jepang

Ayu Erning Setyowati | Followers 0
08 Sep 2019   21:00

Peneliti Temukan Spesies Baru Paus Paruh di Pantai Jepang

Ilustrasi paus paruh (UPI)

Trubus.id -- Para ilmuwan telah mengonfirmasi bahwa paus kecil berparuh hitam yang ditemukan oleh pemburu paus di Jepang adalah spesies yang sama sekali baru, menurut sebuah penelitian terbaru.

Pemburu paus Hokkaido telah lama menyebut dua jenis paus sebagai tsuchi-kujira, nama yang mencakup paus berparuh Baird, yang disebut Berardius bairdii, dan paus hitam yang lebih kecil, yang disebut kuro-tsuchi (atau karasu, artinya gagak). Para ilmuwan sebelumnya telah melakukan analisis genetik yang mengungkap bahwa paus yang lebih kecil tampaknya tidak cocok dengan tsuchi-kujira. Sekarang mereka siap mendeklarasikan paus tersebut sebagai spesies terpisah, dengan nama Berardius minimus.

Ini pengumuman yang menarik. "Spesies paus 6 hingga 7 meter tidak diakui secara ilmiah sampai abad ke-21!" Tadasu K. Yamada, penulis studi pertama dan kurator emeritus Tadasu K. Yamada dari Museum Nasional Alam dan Sains di Jepang, mengatakan kepada Gizmodo dalam email . "Pengetahuan anekdotal tentang 'karasu' akhirnya dikonfirmasi!"

Baca Lainnya : Penelitian Ini Ungkap Bagaimana Cara Ikan Pari Manta Bersosialisasi

Paus yang lebih kecil telah lama ada dalam pengetahuan tradisional, berkat warna hitamnya. Para peneliti mulai mempelajari bangkai terdampar dari paus yang lebih kecil, terutama spesimen 2008 yang terurai parah yang lubang semburnya berbentuk bulan sabit mengindikasikan bahwa ia adalah anggota genus Berardius. Mereka menerbitkan analisis genetik spesimen pada 2013, dan sepenuhnya menggambarkan spesies baru dalam makalah yang diterbitkan pekan lalu di Scientific Reports.

B. minimus berbeda dari spesies lain dalam genusnya dengan ukurannya yang relatif kecil, karena panjangnya hanya 20 hingga 23 kaki (6 hingga 7 meter) dibandingkan dengan spesies lain '30 kaki (10 meter). Warnanya juga hitam dan memiliki proporsi yang berbeda, termasuk paruh yang lebih kecil. Para peneliti belum menemukan spesimen wanita dewasa.

Baca Lainnya : Kucing Berkomunikasi kepada Manusia Melalui Perilakunya, Perhatikan dengan Seksama

Salah seorang peneliti yang tidak terlibat dengan penelitian ini, petugas program penelitian Dee Allen di Komisi Mamalia Laut di Amerika Serikat, menemukan pekerjaan itu meyakinkan. "Fakta bahwa kita MASIH menemukan spesies baru di lautan kita — dalam hal ini, hewan setinggi 6,9 meter! —Adalah yang membuat ilmu pengetahuan, dan terutama ilmu kelautan, sangat menarik," katanya kepada Gizmodo dalam email.

Paus paruh adalah kelompok mamalia yang sulit ditangkap yang dapat menyelam hingga ribuan kaki di bawah permukaan laut dan tetap tenggelam selama lebih dari satu jam. Perilaku mereka membuat mereka sulit untuk dipelajari, dan para peneliti hanya memiliki paus yang terdampar dan penampakan yang beruntung untuk dijadikan dasar pekerjaan mereka. Beberapa spesies paus paruh baru lainnya telah dideskripsikan sejak 1990, kata Allen.

Penulis studi, Takashi Matsuishi, profesor di Universitas Hokkaido, mengatakan kepada Gizmodo dalam sebuah email bahwa studi tersebut mengandalkan jaringan Marine Mammal Stranding, sistem yang digunakan untuk menyampaikan informasi tentang mamalia laut yang terdampar dan yang baru saja meninggal agar para peneliti dapat mengambil data tentang hewan-hewan tersebut. Dia juga memuji keahlian penduduk setempat; seorang nelayan, Kenji Sakurai, membantu dalam analisis dan akan dipersenjatai ke lokasi terdampar untuk melindungi bangkai dari beruang lapar.

Baca Lainnya : Ternyata Ikan di Lautan Juga Suka 'Bernyanyi' Seperti Burung di Hutan

Masih banyak lagi yang diharapkan peneliti untuk dipelajari tentang spesies ini. Genus Berardius sudah membingungkan para ilmuwan, yang telah memperdebatkan apakah dua populasi lain yang tampak serupa, B. bairdii dan B. arnuxii, adalah spesies yang terpisah. Sekarang para peneliti mengklasifikasikan kelompok-kelompok ini sebagai spesies terpisah, mereka ingin tahu kapan B. minimus terpisah dari dua lainnya.

Penelitian seperti ini sekali lagi menunjukkan bahwa ada satu ton informasi yang tersisa untuk dikumpulkan dari lautan kita — dan bahwa non-ilmuwan yang terkait erat dengan ekosistem ini dapat menawarkan pengetahuan dan sumber daya berharga untuk proyek-proyek ilmiah. [Ayu/NN]