Perangi Perubahan Iklim, Irlandia Bakal Tanam 22 Juta Pohon per Tahun

TrubusLife
Thomas Aquinus
06 Sep 2019   14:30 WIB

Komentar
Perangi Perubahan Iklim, Irlandia Bakal Tanam 22 Juta Pohon per Tahun

Ilustrasi hutan Irlandia (DW)

Trubus.id -- Irlandia akan menjadi jauh lebih hijau. Negara seluas 84.431 kilometer persegi itu bertekad untuk memerangi perubahan iklim dengan menanam 440 juta pohon pada tahun 2040; 70 persen akan berupa pohon jarum dan sisanya yang berdaun lebar. Inisiatif ini merupakan bagian dari tujuan Irlandia yang lebih besar untuk menjadi netral karbon pada tahun 2050.

Irlandia memiliki tutupan hutan terendah dari semua negara Eropa - sekitar 11 persen dibandingkan dengan rata-rata yang lebih dari 30 persen. Beberapa mengatakan menanam pohon tambahan bisa menjadi jawabannya, sementara yang lain tidak sepenuhnya setuju.

Pada bulan Juni, pemerintah Irlandia mengatakan akan mulai menanam lebih banyak pohon dalam upaya melawan perubahan iklim dan mengurangi emisi karbon, tetapi tidak pernah mengatakan berapa banyak pohon yang akan ditanam. Sekarang, pemerintah telah menghasilkan angka tertentu.

Baca Lainnya : Ethiopia Pecahkan Rekor Penanaman Pohon untuk Atasi Perubahan Iklim

"Target untuk hutan baru adalah sekitar 22 juta pohon per tahun," kata seorang juru bicara Departemen Komunikasi untuk Iklim dan Tindakan Lingkungan. “Selama 20 tahun ke depan, targetnya adalah menanam 440 juta.”

Untuk membuat inisiatif penanaman pohon berhasil, Irlandia membutuhkan petani untuk menanam lebih banyak pohon di properti mereka. Masalahnya adalah ini bukan ide populer di kalangan petani. Pemerintah berharap untuk mencoba mengubah pendapat ini dengan menawarkan pertemuan lokal demi mengumpulkan dukungan untuk reboisasi.

Ilustrasi reboisasi (Foto: Demilked)

Namun ada pihak lain di Irlandia yang menentang penanaman lebih banyak pohon. Misalnya, Pádraic Fogarty dari Irish Wildlife Trust. “Orang tidak pandai menanam pohon, dan pohon tidak suka ditanam. Mereka lebih suka tumbuh sendiri,” kata Fogarty kepada The Irish Independent. Daripada membagikan sekitar 94 juta euro (US$103 juta) dalam hibah kehutanan, pemerintah harus membayar petani untuk tidak menanam apa pun dan membiarkan harta mereka tumbuh kembali dengan sendirinya, saran Fogarty.

Baca Lainnya : Unik, Filipina Wajibkan Siswa Tanam Pohon Sebagai Syarat Kelulusan Sekolah

Sebuah studi sebelumnya menjelaskan bahwa menanam lebih dari 500 miliar pohon adalah solusi "paling efektif" untuk memerangi perubahan iklim. Mereka yang menentang inisiatif penanaman pohon mengatakan reboisasi tidak akan mengurangi cukup gas rumah kaca, dan ide-ide lain harus diterapkan.

Menanam pohon bukanlah konsep asing ketika mencoba mengatasi krisis iklim, karena negara-negara lain telah mengambil sekop dan menggali. Misalnya, Ethiopia dan Skotlandia telah berhasil dalam upaya mereka untuk menanam lebih banyak pohon untuk reboisasi dan melawan pemanasan global. [Ayu/NN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: