7 Makanan yang Mengenyangkan, tetapi Tidak Menambah Bobot Tubuh

TrubusLife
Hernawan Nugroho
04 Sep 2019   20:00 WIB

Komentar
7 Makanan yang Mengenyangkan, tetapi Tidak Menambah Bobot Tubuh

Kenyang tapi tidak berefek signifikan pada kenaikan bobot tubuh, itulah yang menjadi impian orang yang sedang berdiet (Health)

Trubus.id -- Ada sebuah parameter bernama "indeks kenyang". Hal itu mengukur kemampuan berbagai makanan untuk membuat Trubus Mania merasa kenyang dan pada akhirnya mengurangi asupan kalori selama satu hari penuh. Jenis makanan seperti itulah yang akan menahan berat badan, dan beberapa makanan jauh lebih baik dalam memuaskan rasa lapar dan mencegah makan berlebihan daripada yang lain. Ini dia makanan yang mengenyangkan namun tetap membuat langsing dan sehat. Health telah merangkumnya untuk Trubus Mania, ini dia daftarnya.

1. Kentang Rebus

Banyak orang menghindari kentang karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, tetapi tidak perlu melakukannya. Kentang sangat bergizi selama tidak digoreng. Lebih dari itu, kentang mengandung pati resisten yang bertindak seperti serat larut dalam sistem pencernaan. Ini membantu merasa kenyang dengan lebih sedikit kalori. Studi menunjukkan bahwa memasak dan kemudian mendinginkan kentang meningkatkan tingkat pati resisten. Pemanasan dan pendinginan mereka berulang kali meningkatkan level itu. Jadi tidak hanya kentang yang enak dan bergizi, tetapi mereka menjadi lebih ketika memakannya sebagai sisa makanan.

Baca Lainnya : Ilmuwan Teliti 5 Mode Diet Terbaru, 2 di Antaranya Tidak Dianjurkan

2. Telur

Telur, dan terutama kuning telur, telah ditandai secara tidak adil sebagai bom kolesterol pemicu serangan jantung. Tetapi sementara mereka mengandung kolesterol dalam jumlah yang cukup, penelitian menunjukkan bahwa makan telur tidak meningkatkan kadar kolesterol jahat. Sebaliknya, telur merupakan protein lengkap, yang berarti mengandung semua sembilan asam amino esensial.

Protein jauh lebih mengenyangkan daripada karbohidrat sederhana, jadi makan telur di pagi hari bisa membuat tetap sehat sepanjang hari. Satu studi khusus menemukan bahwa orang yang makan telur untuk sarapan mampu menurunkan lebih banyak berat badan dan memangkas BMI mereka (indeks massa tubuh) lebih jauh daripada orang yang makan roti gandum.

(foto: Cuisine)

3. Oatmeal 

Oatmeal adalah hidangan super filling karena mengandung banyak serat dan menyerap banyak air saat dimasak. Ya, itu cukup hambar, tetapi bisa dibumbui dengan berbagai cara. Buah, kacang-kacangan, dan gula merah adalah pilihan bagus.Oat juga memiliki banyak jenis serat tidak larut yang disebut beta glukan, yang telah ditemukan memperlambat penyerapan karbohidrat dan menekan nafsu makan sepanjang hari.

4. Sup Berbasis Kaldu

Tidak ada yang benar-benar menganggap sup sebagai isian, tetapi itu bisa saja. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa beberapa sup bisa lebih mengenyangkan daripada makanan padat dengan bahan yang sama. Makan sup sebagai hidangan pembuka bisa meningkatkan rasa kenyang  sampai-sampai makan sekitar 20% lebih sedikit kalori secara keseluruhan dalam makanan. Jadikan sup sebagai kebiasaan dan akan menurunkan berat badan tanpa mencoba. Ahli gizi merekomendasikan sup berbasis kaldu karena mereka lebih rendah kalori daripada sup berbasis krim.

(foto: Health)

5. Apel

Apel juga mendapat nilai tinggi pada indeks rasa kenyang karena mengandung serat larut yang disebut pektin yang mengatur pencernaan. Mereka juga mengandung banyak air - hingga 85% per potong - yang memberikan volume untuk membuat merasa kenyang tetapi tidak banyak kalori. 

Satu studi meneliti hasil mengonsumsi segmen apel padat, saus apel, atau jus apel pada awal makan. Orang-orang yang makan segmen apel melanjutkan untuk mengkonsumsi 91 kalori lebih sedikit daripada kelompok saus apel dan 150 kalori lebih sedikit daripada kelompok jus apel. Jika Trubus Mania ingin menikmati rasa apel dan tidak menambah berat badan, pastikan untuk memakannya utuh. Jika bosan dengan apel, ketahuilah bahwa buah jeruk juga mengandung cukup banyak pektin dan air.

Baca Lainnya : Mitos dan Fakta Tentang Hubungan Metabolisme dengan Diet

6. Daging Tanpa Lemak

Diet protein yang lebih tinggi lebih mengenyangkan dan memuaskan daripada karbohidrat yang berat. Maka dari itu, tidak apa-apa memakan daging. Pemotongan yang lebih ramping disarankan, karena beberapa daging mengandung lemak jenuh tinggi dan tidak akan membantu. Tetapi ikan, misalnya, rendah lemak namun tinggi protein dan asam lemak omega-3, yang meningkatkan rasa kenyang serta mendukung sistem kardiovaskular yang sehat.

Sementara skor ikan tertinggi di antara daging pada indeks kenyang, daging tanpa lemak lainnya seperti ayam, babi, dan beberapa potong daging sapi juga dikemas dengan protein. Studi menunjukkan bahwa makan siang protein tinggi dapat menyebabkan pengurangan 12% kalori yang dikonsumsi saat makan malam, dibandingkan dengan orang yang makan siang sebagian besar karbohidrat.

(foto: Cuisine)

7. PopCorn

Ketika Trubus Mania mendambakan makanan asin, popcorn harus menjadi pilihan utama. Ini adalah biji-bijian utuh yang tinggi serat tetapi rendah kalori. Ada juga banyak udara dalam popcorn yang sebenarnya membantu mengisi lebih cepat daripada keripik kentang atau kerupuk. Jangan terlalu sering mengonsumsi popcorn dalm kantong. Kantong sering dilapisi dengan bahan kimia karsinogenik, dan aditif mentega palsu beracun. Tetapi begitu memiliki semangkuk popcorn terhidang, ada banyak cara sehat untuk membumbui rasa itu. Coba tambahi minyak zaitun dan bawang putih, minyak alpukat, keju parmesan, cincang oregano, dan bubuk tomat. Lezat, mengenyangkan dan tentu saja tak membuat bobot tubuh bertambah.

 

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: