Apakah Benar Anjing Dapat Merasakan Orang "Jahat" di Sekitarnya? Ini Dia Penjelasannya

TrubusLife
Hernawan Nugroho
04 Sep 2019   14:30 WIB

Komentar
Apakah Benar Anjing Dapat Merasakan Orang "Jahat" di Sekitarnya? Ini Dia Penjelasannya

Anjing peka terhadap gerakan mendadak dan instingnya yang kuat dapat "mengendus" perasaan seseorang yang dihadapinya (kK9ofMine)

Trubus.id -- Beberapa hari ini, jagad maya heboh dengan adanya penyerangan anjing dalam sebuah keluarga kepada asisten rumah tangga baru yang akan memberinya makan hingga menyebabkan kematian. Itu mengingatkan pada pertanyaan sebuah teori, bahwa apakah anjing dapat merasakan orang yang "jahat"? Jawaban singkatnya adalah ya, tetapi hanya sampai titik tertentu, seperti yang disampaikan dalam laman VetWest Clinic.

Baca Lainnya : Seperti Manusia, Anjing Juga Bisa Merespon Panggilan di Tengah Kebisingan

Penelitian telah menunjukkan bahwa anjing memperhatikan orang-orang yang tidak ramah terhadap pemiliknya dan menyimpan dendam terhadap mereka. Dalam sebuah penelitian, anjing enggan menerima kudapan dari seseorang yang menolak untuk membantu pemiliknya membuka sebuah wadah. Merupakan satu hal bagi seekor anjing untuk mengingat seseorang yang telah bertindak tidak baik terhadap manusia favorit mereka, tetapi bagaimana dengan ketika mereka tidak menyukai seseorang yang baru saja mereka temui?

Ada beberapa kemungkinan penjelasan untuk ini. Teori utama adalah bahwa anjing menggunakan indra penciumannya yang tajam untuk mengendus perubahan kimia dalam feromon yang dikeluarkan orang yang akan menunjukkan bahwa mereka memiliki niat buruk. Indera penciuman anjing yang luar biasa sudah digunakan untuk mendeteksi tetesan gula darah, bom potensial, obat-obatan, dan bahkan kanker, sehingga tidak mengherankan jika anjing dapat mengetahui perubahan kimia lain dalam tubuh manusia.

Baca Lainnya : Jangan Tinggalkan Anjing Dalam Mobil Tertutup, Berisiko Terjadi Kematian Mendadak

Ketika seseorang bertindak agresif, kimia otak mereka berubah sedemikian rupa sehingga anjing bisa mencium bau, menyebabkan mereka bereaksi terhadap ancaman potensial sebelum manusia mereka merasakan ancaman itu. Sayangnya ada peringatan - psikopat mengalami beberapa emosi, sehingga kimia otak mereka tidak akan berubah dan memberi anjing peringatan tentang niat buruk mereka.

Kemungkinan lain adalah bahwa karena anjing sangat selaras dengan manusia, mereka benar-benar memahami ketidakpastian manusia dan hanya mencerminkan kembali kecemasan orang itu sendiri tentang suatu situasi. Kemungkinan ketiga adalah bahwa baik anjing dan manusia memiliki indra keenam atau firasat tentang situasi tertentu. Dalam hal ini manusia sering mengabaikan intuisi mereka, sedangkan anjing tidak pernah mengabaikan intuisi mereka. 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan: