Durasi Tidur yang Pas Dapat Turunkan Risiko Serangan Jantung

TrubusLife
Hernawan Nugroho | Followers 0
04 Sep 2019   13:00

Komentar
Durasi Tidur yang Pas Dapat Turunkan Risiko Serangan Jantung

Terlalu singkat dan lama durasi tidur sama-sama tidak baik bagi kesehatan (health)

Trubus.id -- Jumlah tidur yang tepat adalah pelindung kesehatan jantung. Ini adalah kesimpulan dari penelitian baru yang menemukan durasi tidur dapat memengaruhi risiko seseorang terkena serangan jantung, terlepas dari faktor risiko jantung lainnya, termasuk yang genetik. Penelitian baru melacak durasi tidur dan risiko seseorang terkena serangan jantung. Menurut jurnal  American College of Cardiology, para ilmuwan dari Amerika Serikat dan Inggris menggambarkan bagaimana mereka menganalisis kebiasaan tidur dan catatan medis dari 461.347 orang berusia 40-69 tahun yang tinggal di U.K.

Peneliti menggunakan data yang berasal dari Inggris, termasuk laporan diri tentang berapa jam peserta terbiasa tidur per malam dan catatan kesehatan selama 7 tahun. Ini juga termasuk hasil tes untuk gen pembawa risiko. Analisis mengungkapkan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam per malam memiliki risiko 20% lebih tinggi terkena serangan jantung pertama dibandingkan dengan mereka yang tidur 6-9 jam. Mereka yang tidur lebih dari 9 jam memiliki risiko 34% lebih tinggi.

Baca Lainnya : Nyeri Dada Belum Tentu Serangan Jantung

Para peneliti juga menemukan bahwa menjaga durasi tidur hingga 6-9 jam per malam dapat mengurangi risiko serangan jantung pertama sebesar 18% pada orang-orang dengan "tanggung jawab genetik yang tinggi" untuk mengembangkan penyakit jantung. Celine Vetter, Ph.D., asisten profesor fisiologi integratif di University of Colorado di Boulder mnegatakan bahwa penelitian itu memberikan beberapa bukti terkuat namun durasi tidur adalah faktor kunci ketika itu datang untuk kesehatan jantung - dan ini berlaku untuk semua orang.

Kurangi resiko serangan jantung dengan pola istirahat yang teratur (foto: the Journal)

Penelitian telah menemukan hubungan antara kebiasaan tidur dan kesehatan jantung untuk beberapa waktu sekarang. Namun, sebagian besar temuan tersebut berasal dari studi observasional: studi ini yang hanya dapat mengkonfirmasi hubungan tetapi tidak dapat menentukan arah sebab dan akibat.

Karena banyak faktor yang mempengaruhi tidur dan kesehatan jantung, tidak mudah untuk menentukan apakah tidur yang buruk membuat kesehatan jantung yang buruk atau kesehatan jantung yang buruk menyebabkan kurang tidur. Vetter dan rekan-rekannya berusaha memenuhi tantangan ini dengan menggunakan data dari sejumlah besar individu, menggabungkannya dengan penelitian genetik, dan mengesampingkan puluhan faktor yang berpotensi memengaruhi. Secara keseluruhan, mereka menyesuaikan hasil untuk menghilangkan efek potensial dari 30 faktor yang dapat memengaruhi kesehatan jantung dan tidur. Faktor-faktor ini termasuk aktivitas fisik, kesehatan mental, pendapatan, pendidikan, merokok, dan komposisi tubuh.

Hasil para peneliti menunjukkan bahwa durasi tidur merupakan faktor risiko independen untuk serangan jantung. Para peneliti menemukan bahwa risiko serangan jantung semakin meningkat karena kebiasaan tidur malam orang menyimpang dari 6-9 jam. Orang-orang yang tidur 5 jam setiap malam, misalnya, memiliki risiko 52% lebih tinggi terkena serangan jantung pertama daripada mereka yang tidur 7-8 jam. Individu yang tidur 10 jam per malam memiliki risiko dua kali lipat.

Baca Lainnya : Penelitian Ungkap Sering Travelling Baik untuk Kesehatan Jantung

"Ini memberi kami lebih percaya diri bahwa ada hubungan kausal di sini - bahwa itu adalah durasi tidur, bukan hal lain, yang mempengaruhi kesehatan jantung," kata Vetter. Menurut Badan kesehatan Dunia (WHO), lebih dari sepertiga orang dewasa di AS tidur kurang dari yang disarankan 7 jam per malam.

WHO merekomendasikan kiat-kiat berikut untuk tidur yang baik:

  1. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan.
  2. Dapatkan cahaya alami yang cukup - terutama di awal hari.
  3. Hindari paparan cahaya buatan, terutama di jam-jam menjelang tidur.
  4. Dapatkan cukup olahraga setiap hari dan hindari berolahraga di dekat waktu tidur.
  5. Hindari makan dan minum berjam-jam sebelum tidur - terutama alkohol dan makanan tinggi lemak dan kaya gula.
  6. Jika kesulitan berlanjut, cari saran medis untuk membantu mengidentifikasi hambatan tidur, termasuk kondisi kesehatan lainnya.

Tim peneliti terbaru berharap bahwa temuannya akan meningkatkan kesadaran di kalangan dokter, masyarakat, dan pembuat kebijakan tentang dampak tidur pada kesehatan jantung. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: