13 Alasan Mengapa Gagak Dinilai Sebagai Hewan Paling Cerdas di Dunia

TrubusLife
Syahroni
02 Sep 2019   21:30 WIB

Komentar
13 Alasan Mengapa Gagak Dinilai Sebagai Hewan Paling Cerdas di Dunia

Burung gagak disebut burung paling pintar di dunia bukan tanpa alasan. (Lillian Tveit/Shutterstock)

Trubus.id -- Kami yakin Anda memiliki hewan favorit Anda. Bahkan mungkin sangat cerdas. Tapi burungburung jenis gagak benar-benar sesuatu yang istimewa. Faktanya, mereka adalah beberapa hewan paling cerdas di dunia.

Dan di sini kita telah mengumpulkan beberapa contoh terbaik tentang seberapa pintar makhluk cantik ini.

1. Gagak mengetahui sebab dan akibat

Dalam tes pada gagak Kaledonia Baru, gagak ditempatkan di kandang di mana tongkat akan muncul dari kulit. Mereka menggunakan dua skenario: yang pertama, seorang manusia diamati memasuki persembunyian sebelum tongkat bergerak, dan pergi setelah itu. Pada detik ini, manusia tetap tersembunyi.

Pada yang pertama, gagak jauh lebih santai setelah manusia pergi, dengan benar menghubungkan gerakan tongkat ke kehadiran manusia. Mereka akan mencari makan, dan berperilaku normal. Pada detik, gagak tidak punya referensi lain tentang keberadaan tongkat, jadi mereka tetap waspada.

"Hasil ini tampaknya benar-benar menunjukkan bahwa gagak bereaksi dengan cara yang sangat mirip dengan manusia dalam situasi yang mengharuskan mereka untuk berpikir tentang agen penyebab tersembunyi," kata ahli biologi Alex Taylor.

2. Mengerti perpindahan air

Dalam percobaan dengan tabung yang diterbitkan di PLOS One, para ilmuwan menentukan bahwa gagak Kaledonia Baru tidak hanya dapat membedakan antara air dan pasir - mereka juga memahami perpindahan air.

Tes melibatkan tabung yang berisi air dan suguhan mengambang di atas di luar jangkauan. Burung gagak mengisi tabung dengan cukup batu atau benda berat lainnya untuk membawa makanan dalam jangkauan.

Mereka juga dihadapkan dengan skenario yang berbeda, seperti tabung dengan permukaan air yang berbeda. Gagak menunjukkan preferensi mutlak untuk tabung yang akan memberi mereka makanan dengan jumlah pekerjaan paling sedikit. Tingkat keberhasilan mereka setara dengan anak-anak berusia tujuh tahun, kata para peneliti.

3. Menyimpan dendam - dan meneruskan dendam itu kepada gagak lain

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: