Sebelum Dorian, Berikut 5 Badai Dahsyat yang Pernah Menghancurkan Florida

TrubusLife
Syahroni
30 Agu 2019   23:00 WIB

Komentar
Sebelum Dorian, Berikut 5 Badai Dahsyat yang Pernah Menghancurkan Florida

Dampak kerusakan saat badai Michael berlangsung 2018 silam. (Doc/ AP News)

Trubus.id -- Dengan Badai Dorian diperkirakan akan melanda langsung di pantai timur Florida selama liburan akhir pekan Hari Buruh, mungkin sebagai badai Kategori 4 yang menghancurkan, gubernur negara bagian itu telah menyatakan keadaan darurat dan meminta penduduk untuk mempersiapkan persediaan makanan dan minuman setidaknya untuk tujuh hari ke depan.

Topan Badai sendiri bukan hal baru bagi masyarakat Florida. Dalam beberapa tahun belakangan, ada juga badai lain yang pernah memporakporandakan negara bagian itu. Berikut ini adalah lima topan paling mematikan dan merusak yang melanda Florida dalam beberapa tahun terakhir, terdaftar dalam urutan kronologis seperi dilansir dari Reuters,Jumat (30/8).

1. Badai Andrew, 1992

Badai Kategori 5 menghantam South Miami-Dade County dengan kecepatan angin 165 mil per jam (270 km per jam), menyebabkan kerusakan diperkirakan $ 26 miliar. Ini peringkat sebagai badai paling mahal dalam sejarah AS sampai Badai Katrina mengamuk di New Orleans pada tahun 2005. Lebih dari selusin orang tewas sebagai akibat langsung dari badai, dengan banyak orang lain sekarat karena sebab tidak langsung.

2. Badai Charley, 2004

Charley adalah badai kuat yang tak terduga, dengan cepat berkembang menjadi badai Kategori 4 tepat sebelum mendarat di Cayo Costa. Lima belas orang langsung terbunuh oleh badai dan diperkirakan $ 14 miliar hilang, menurut Asosiasi Cuaca Nasional.

3. Badai Wilma, 2005

Untungnya jumlah korban tewas di Wilma sangat rendah - lima orang secara langsung - karena badai Kategori 4. Meski begitu, tagihan untuk kerusakan properti badai sangat tinggi pada sekitar $ 20 miliar. Wilma merusak bagian selatan negara itu, menghasilkan hembusan angin lebih dari 100 mph (161 km per jam).

4. Badai Irma, 2017

Irma unik karena ukurannya yang luas dan gerakannya yang lambat, yang memperburuk angin badai yang merusak dan hujan lebat. Itu meninggalkan 6,5 juta pelanggan tanpa daya di negara bagian dan menelan biaya kerusakan properti senilai $ 50 miliar, menjadikannya salah satu topan paling mahal dalam sejarah AS. Empat orang tewas akibat badai, dua secara langsung dan dua secara tidak langsung.

5. Badai Michael, 2018

Michael adalah topan terkuat yang pernah tercatat mendarat di Florida Panhandle, menurut National Weather Service. Ini menyebabkan kerusakan besar akibat gelombang angin dan badai, khususnya di Pantai Panama City dan daerah Pantai Meksiko. Delapan kematian langsung dilaporkan: tujuh di Florida dan satu di Georgia. Selain itu, 43 kematian tidak langsung disebabkan oleh badai.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: