Ratusan Hiu Putih Besar Menghilang, Sektor Wisata Kelautan Afrika Selatan Terguncang

TrubusLife
Syahroni
29 Agu 2019   22:30 WIB

Komentar
Ratusan Hiu Putih Besar Menghilang, Sektor Wisata Kelautan Afrika Selatan Terguncang

Ratusan hiu putih besar menghilang dari lepas pantai Afrika Selatan, di mana mereka biasanya memicu peningkatan industri wisata penyelaman. (Caters News Agency)

Trubus.id -- Ratusan hiu putih besar secara misterius menghilang di lepas pantai Afrika Selatan. Penampakan ikan hiu putih besar, yang biasanya mendukung industri wisata penyelaman hiu di negara itu telah jatuh selama 18 bulan terakhir.

Antara tahun 2010 hingga 2016, Shark Spotting Program, didirikan untuk memperingatkan perenang ketika predator tiga ton ini berada di dekat pantai, mencatat rata-rata 205 per tahun di False Bay, badan air utama di lepas pantai Cape Town di ujung selatan Afrika. Pada 2018, angka itu turun menjadi 50, dan sejauh ini tahun ini tidak ada satu pun hiu yang terlihat.

Tidak terlihat juga penampakan hiu putih besar lain dari Pulau Seal, sebuah daratan kecil 6km lepas pantai yang dihuni banyak anjing laut yang menjadi makanan pokok hiu putih besar ini.

Baca Lainnya : Salah Sangka, Penyebab Hiu Menyerang Manusia

Puluhan perusahaan wisata di Afrika Selatan menawarkan pengunjung kesempatan untuk tenggelam dalam sangkar dan melihat hiu putih besar dan kehidupan laut lainnya dari dekat. Alasan kejatuhan itu, serta kemungkinan pengaruhnya terhadap ekosistem kawasan itu, masih belum diketahui oleh para ahli.

“Bukti pendukung lebih lanjut dari tidak adanya predator puncak besar ini adalah tidak adanya tanda makan atau bekas gigitan pada bangkai ikan paus yang telah dihapus kota dari Teluk Palsu tahun ini. Kami tidak tahu bagaimana ketidakhadiran mereka dari False Bay akan mempengaruhi ekosistem. Kita juga tidak tahu penyebab hilangnya mereka." terang pejabat pemerintah Cape Town, Rabu (28/8) kemarin seperti dilansir dari Thesun.co.uk.

Media lokal berspekulasi bahwa kedatangan di teluk polong orcas, yang telah dikenal pada kesempatan langka untuk makan hiu, serta penangkapan berlebihan spesies yang dimakan hiu bisa menjadi alasan menghilangnya hiu putih di musim gugur.

Baca Lainnya : Sering Terjerat Sampah Plastik, Risiko Punah Hiu dan Pari Lebih Tinggi 

Hiu putih besar biasanya ditemukan di perairan permukaan pantai semua samudera utama dan terkenal karena ukurannya yang bisa tumbuh hingga enam meter panjangnya.

Sementara hiu secara keseluruhan kurang agresif daripada yang diyakini, hiu putih besar adalah salah satu dari sedikit spesies yang diketahui menyerang perenang dan peselancar tanpa alasan. Mereka adalah salah satu dari spesies hiu agresif dalam daftar 3 besar, bersama dengan hiu harimau dan hiu banteng.

Pertama, ukuran dan kekuatan mereka berarti mereka dapat dengan mudah mengalahkan manusia di dalam air. Kedua, mereka memiliki gigi tajam yang dirancang untuk menghancurkan mangsa mereka, yang berarti bahwa ketika mereka menyerang, kerusakan yang mereka timbulkan dapat sangat menghancurkan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Kucing Pertama yang Terinfeksi Virus Corona Ditemukan di Belgia

Pet & Animal   28 Mar 2020 - 22:49 WIB
Bagikan:          
Bagikan: