Mengapa Anjing Suka Mengejar Ekornya Sendiri? Ini Alasannya

TrubusLife
Hernawan Nugroho
29 Agu 2019   19:30 WIB

Komentar
Mengapa Anjing Suka Mengejar Ekornya Sendiri? Ini Alasannya

Mengejar ekor sendiri memiliki berbagai makna bagi hewan peliharaan kita (PetWorld)

Trubus.id -- Hewan peliharaan Trubus Mania, baik anjing maupun kucing pasti punya perilaku lucu yang sering dilakukan. Namun ada satu perilaku anjing yang sering dianggap lucu, yaitu mengejar ekornya sendiri. Setelah berhasil mendapatkan ekornya, biasanya anjing akan menggigit-gigit ekor, tapi tidak jarang juga anjing tidak berhasil mengejar dan menggigit ekornya.

Sebenarnya, apakah yang mendasari perilaku itu? Anjing yang suka mengejar ekornya sendiri disebut juga sebagai whirling, yaitu berputar dalam bentuk lingkaran atau spiral. Menurut laman VetWest Animal Hospital, mengejar ekor ternyata adalah perilaku alami yang tidak hanya diperlihatkan oleh anjing, tetapi juga di berbagai spesies predator.

Baca Lainnya : Studi Baru: Pelihara Anjing, Jantung Manusia jadi Lebih Sehat

Namun secara umum, berikut ini adalah alasan penyebab hewan, khususnya anjing suka mengejar ekornya sendiri:

1. Anjing Mengejar Ekornya untuk Mengenali Tubuhnya Sendiri

Biasanya, perilaku mengejar ekornya sendiri ini dilakukan oleh anak anjing, Trubus Mania. Saat masih berusia anak-anak, anak anjing masih suka bermain dan akan terus menemukan berbagai hal baru yang merupakan bagian dari tubuhnya. Ketika melihat ekornya, mungkin anak anjing melihatnya sebagai sesuatu yang mengikutinya terus menerus, dan tidak mengetahui bahwa ekor adalah bagian dari tubuhnya. Akhirnya, anak anjing akan mencoba mengejarnya dan bergerak berputar-putar, teman-teman dengan tujuan untuk memeriksa benda apa yang mengikutinya.

2. Untuk Mengusir Kebosanan 

Anak anjing yang mengejar ekornya sendiri mungkin saja melakukannya juga sebagai cara untuk bermain-main. Hal ini biasanya dilakukan saat dirinya sedang bosan. Misalnya karena tidak diperhatikan atau tidak diajak bermain oleh pemiliknya. Karena tidak memiliki mainan maupun tidak diajak bermain, maka anak anjing memilih untuk mengejar ekornya sendiri untuk mengusir kebosanan. Nah, agar anjing peliharaan Trubus Mania tidak mengalami kebosanan, berikan mainan khusus untuk mereka atau mengajaknya berjalan-jalan keluar rumah secara rutin.

Baca Lainnya : Jangan Tinggalkan Anjing Dalam Mobil Tertutup, Berisiko Terjadi Kematian Mendadak

3. Berusaha Menarik Perhatian

Apakah Trubus Mania pernah tertawa saat melihat anjing peliharaan di rumah berputar-putar mengejar ekornya sendiri? Reaksi berupa tertawa yang bisa menjadi bentuk perhatian bagi mereka. Nah, karena salah satu penyebab mereka mengejar ekornya sendiri adalah untuk mengisi kebosanan saat tidak mendapat perhatian, cara ini bisa dilakukan untuk mendapatkan perhatian pemiliknya. Karena mereka merasa mendapat perhatian pemiliknya saat sedang mengejar ekornya sendiri, maka mereka akan melakukannya lagi dan lagi untuk mendapatkan perhatian kita.

Meskipun kadang perilaku anjing mengejar ekornya sendiri terlihat lucu, tapi ada beberapa kondisi di mana anjing peliharaan kita harus dibawa ke dokter hewan. Hal ini berkaitan dengan kondisi medis dan mental anjing peliharaan yang berkaitan dengan perilaku mengejar ekornya sendiri. Perhatikan dengan seksama, anjing yang mengejar ekornya bisa saja disebabkan karena adanya kutu maupun cacing di ekor yang tidak bisa diatasi oleh anjing.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Mulai Sekarang Hindari 5 Kesalahan Cuci Tangan Ini!

Health & Beauty   30 Mei 2020 - 22:03 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Masker Wajah Membuat Kacamata Berembun? Ini Dia Cara Mengatasinya

Health & Beauty   30 Mei 2020 - 20:07 WIB
Bagikan: