Penting, Ini Tindakan Pertama pada Kasus Kecelakaan Hewan Peliharaan

TrubusLife
Hernawan Nugroho | Followers 0
29 Agu 2019   20:00

Komentar
Penting, Ini Tindakan Pertama pada Kasus Kecelakaan Hewan Peliharaan

Pelajari tindakan pertama kepada kecelakaan hewan peliharaan supaya tidak memperparah kondisinya (K9Center)

Trubus.id -- Memiliki hewan peliharaan tentu sangat menyenangkan, namun tak jarang juga kelangenan kita tertimpa kecelakaan yang tak terduga. Tak perlu panik! Ini adalah tindakan pertama yang dapat dilakukan menurut VetWest Animal Hospital di Australia:

1. Pendarahan pada kulit dan kemungkinan patah tulang

Lakukan pengecekan pendarahan dengan memberikan tekanan pada luka dengan tangan selama 3 menit atau dengan perban. Periksa area dada, jika cedera di dekat dada itu mungkin menunjukkan tulang rusuk yang patah, ini bisa sangat menyakitkan dan dapat menembus ke paru-paru. 

Baca Lainnya : Jangan Tinggalkan Anjing Dalam Mobil Tertutup, Berisiko Terjadi Kematian Mendadak

Bagaimana jika ada penampakan patah tulang secara jelas? Jika Trubus Mania menemukan tulang menusuk ke luar daging, jangan tunda membawa ke dokter hewan. Jika kasusnya pada tulang berada di bawah siku atau lutut, lakukan pertolongan sementara dengan membalut perban dengan penguat menggunakan koran atau kardus supaya posisi tulang tak bergeder.

Jika binatang peliharaan patah tulang akibat kecelakaan kendaraan bermotor, berhati-hatilah saat memindahkannya. Cobalah menggunakan gendongan untuk memindahkan hewan itu.

2. Terbakar

Kerusakan luka bakar pada permukaan dan / atau lapisan kulit yang lebih dalam akan terjadi segera terlepas dari sumber luka bakar. Tanda-tanda yang terlihat dapat dilihat segera atau bisa memakan waktu hingga 12-24 jam setelah kecelakaan tergantung pada penyebab atau jenis luka bakar. Luka bakar dapat disebabkan oleh panas kering, seperti nyala api, bahan kimia korosif, radiasi, listrik atau dingin. Lepuh disebabkan oleh panas lembab, seperti minyak panas, lilin atau air.

Pertolongan pertama untuk luka bakar:

  • Dinginkan area tersebut segera dengan air mengalir dingin atau kompres dingin
  • Rendam dalam air atau siram dengan air ke area yang terkena dampak selama minimal 5 menit
  • Berikan kompres dingin dan lembab ke area yang terkena dampak
  • Jaga agar hewan peliharaan tetap hangat dengan membungkus selimut
  • Bawa hewan peliharaan ke dokter hewan

Baca Lainnya : Kucing Berkomunikasi kepada Manusia Melalui Perilakunya, Perhatikan dengan Seksama

3. Tersedak

Kondisi itu tergolong gawat, jadi sebaiknya segera bawa hewan peliharaan ke dokter hewan. Dalam perjalanan periksa apakah lidah tidak menyebabkan halangan dan jika Trubus Mania dapat melihat benda yang menyebabkan halangan, coba dan lepaskan dengan lembut jika memungkinkan. Dapat juga mencoba "gerakan Heimlich" tetapi ikuti instruksi ini dengan sangat hati-hati dan penuh perhatian.

  • Pegang hewan peliharaan terbalik dengan kaki belakang mereka menggantung di udara
  • Berikan pukulan dengan kuat menggunakan tangan ke perut hewan peliharaan, di area akhir tulang rusuk berakhir dan awal bagian perut
  • Ulangi 4 kali

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Makanan Kucing Paling Bagus untuk Menyehatkan Bulu

Hernawan Nugroho   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: