Digigit Ular Tidak Berbisa Tetap Berbahaya, Ini yang Harus Dilakukan

TrubusLife
Hernawan Nugroho
29 Agu 2019   17:30 WIB

Komentar
Digigit Ular Tidak Berbisa Tetap Berbahaya, Ini yang Harus Dilakukan

Ular tetap berbahaya meskipun tidak berbisa (gettyimages)

Trubus.id -- Beberapa waktu lalu, jagad maya dihebohkan dengan berita tentang petugas keamanan yang meninggal akibat gigitan ular berbisa. Diduga itu akibat cara penanganan ular berbisa yang salah. Pada dasarnya, ular tetaplah berbahaya bagi manusia. Ular yang tidak berbisa memang tidak begitu berbahaya seperti ular berbisa. Namun, kita tetap harus mewaspadainya. 

Apalagi jika Trubus Mania tidak tahu apakah ular itu jenis yang memiliki bisa atau tidak. Nah, sama seperti ular berbisa, ular tidak berbisa juga bisa menggigit kita. Meski tidak beracun, digigit ular tidak berbisa tetap berbahaya. Berikut Dr dr Tri Maharani, MSi SpEM , dokter spesialis biomedik, kepada Antara mengatakan, ini tindakan yang harus dilakukan jika menjumpai kasus digigit ular tak berbisa:

Baca Lainnya : Mengenal Ular Weling yang Menewaskan Petugas Satpam

1. Hindari untuk Menarik Ular

Gigitan ular tidak berbisa memang tidak mengandung racun. Namun, saat ular itu menggigit, gigi akan tertancap di tubuh kita. Biasanya, orang akan langsung mencoba untuk menarik ular itu supaya gigitannya terlepas. Banyak orang akan mencoba untuk menarik ekor ataupun kepala ular. 

Sayangnya, menarik ular hanya akan membuat gigi ular akan semakin tertancap lebih dalam. Hal itu merupakan cara ular untuk mempertahankan diri karena mengira tarikan di tubuhnya sebagai ancaman.Saat merasa terancam, ular akan semakin menggigit lebih kuat, bahkan juga membelit kita.

Jika kita berhasil menarik ular, biasanya kulit kita akan sobek sehingga mengeluarkan lebih banyak darah. Tak jarang, patahan gigi ular juga bisa tertinggal di dalam luka sehingga akan terasa lebih sakit lagi.

2. Tidak Memberikan Perlawanan

Nah, hal yang harus dilakukan saat digigit ular tak berbisa adalah tidak memberikan perlawanan. Gigitan ular memang akan terasa sakit karena ada benda asing yang menusuk kita. Namun, semakin kita bergerak, semakin kuat ular akan menggigit. Maka itu, usahakan untuk tidak bergerak. Saat itulah, ular akan merasa tidak terancam sehingga akan melepaskan gigitan. Setelah itu, barulah kita ke rumah sakit supaya bisa diberikan pertolongan pertama.

Baca Lainnya : Jangan Lakukan Hal Gila, Begini Cara yang Benar Jika Digigit Ular Berbisa

3. Yakinkan bahwa ular yang menggigit itu tidak berbisa

"Kalau gigitan ular ada terlihat taring berbentuk gigi seri dan geraham, lalu bentuk luka seperti torehan dan ada luka dalam, datang perdarahan, itu ular tidak berbisa. Jadi kalau digigit ular tidak berbisa, tak perlu beri Serum Anti Bisa Ular (SABU)," kata Dr Tri. Sedangkan ular berbisa memiliki gigi berupa taring, sedangkan lainnya ompong. Contohnya, ada taring yang condong ke depan seperti Kobra dan ada pula taring kecil yang letaknya condong ke belakang tetapi mematikan. "Bentuk gigitan dari ular berbisa ini berupa tusukan. Tusukan bisa berjumlah satu, dua, tiga, empat, lima atau enam karena gigitan berkali-kali," pungkas Dr Tri.

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Mulai Sekarang Hindari 5 Kesalahan Cuci Tangan Ini!

Health & Beauty   30 Mei 2020 - 22:03 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Masker Wajah Membuat Kacamata Berembun? Ini Dia Cara Mengatasinya

Health & Beauty   30 Mei 2020 - 20:07 WIB
Bagikan: