Hiponatremia, Kekurangan Natrium Pemicu Penyakit Berbahaya

TrubusLife
Hernawan Nugroho
29 Agu 2019   16:30 WIB

Komentar
Hiponatremia, Kekurangan Natrium Pemicu Penyakit Berbahaya

Mengonsumsi obat pereda nyeri secara berlebihan dapat mengganggu kestabilan konsentrasi natrium dalam tubuh (gettyimages)

Trubus.id -- Natrium adalah salah satu mineral terpenting dalam tubuh. Kadar natrium rendah atau disebut juga dengan hiponatremia adalah kondisi yang tidak dapat disepelekan karena dapat memicu berbagai gejala mulai dari yang ringan hingga mengancam jiwa.

Ketika kadar natrium dalam tubuh rendah, jumlah air dalam tubuh dapat meningkat dan menyebabkan pembengkakan sel-sel dalam tubuh. Kondisi ini kemudian memicu berbagai masalah tubuh dari mulai yang ringan hingga yang mengancam jiwa.

Kadar natrium normal dalam darah adalah antara 135 hingga 145 miliequivalents per liter (mEq/L). Jika kadar natrium di bawah 135 mEq/L maka seseorang dapat didiagnosis hiponatremia. Lalu, apa saja penyebabnya? 

1. Penggunaan obat-obatan tertentu

Jenis obat seperti obat diuretik, antidepresan, dan pereda nyeri termasuk ke dalam obat-obatan yang dapat menyebabkan kondisi ini. Obat-obatan ini mengganggu hormon dan ginjal sehingga tidak dapat menjaga konsentrasi natrium normal dalam tubuh.

Baca Lainnya : Mitos Dehidrasi: 7 Hal yang Harus Diketahui Agar Tetap Hidrasi

2. Dehidrasi

Dehidrasi sendiri dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, termasuk muntah dan diare kronis. Ketika tubuh mengalami muntah atau diare kronis, tubuh banyak kehilangan elektrolit seperti natrium dan kadar ADH (anti-diuretic hormone) juga meningkat.

Waspadai dehidrasi, akibatnya bisa fatal (foto: shutterstock) 

3. Gangguan jantung, ginjal, dan hati

Gangguan jantung seperti gagal jantung kongestif dan berbagai kondisi yang memengaruhi ginjal dan hati dapat menyebabkan hiponatremia. Kondisi-kondisi ini dapat menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh. Cairan yang menumpuk mengencerkan natirum dalam tubuh dan menyebabkan konsentrasi natrium dalam tubuh menurun.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Penangkapan Ikan Besar-besaran Ganggu Rantai Makanan di Laut Bohai

Plant & Nature   14 Nov 2019 - 20:52 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: