Florida Aquarium Coba Selamatkan Terumbu Karang Florida

TrubusLife
Thomas Aquinus
29 Agu 2019   12:00 WIB

Komentar
Florida Aquarium Coba Selamatkan Terumbu Karang Florida

Florida coral reef (The Nature Conservancy)

Trubus.id -- Para peneliti di Tampa Florida Aquarium mengumumkan bahwa mereka telah berhasil membuat kelompok karang bereproduksi dua hari berturut-turut. Ini adalah upaya sukses pertama di reproduksi karang Atlantik dalam pengaturan laboratorium dan bisa memiliki implikasi penting untuk menyelamatkan terumbu penghalang (great barrier).

"Project Coral" adalah program akuarium yang dirancang dalam kemitraan dengan Horniman Museum and Gardens di London. Tujuannya adalah untuk membuat endapan telur koral yang besar di laboratorium dan pada akhirnya mengisi kembali Florida Reef Tract.

Terumbu karang Florida adalah ekosistem terumbu penghalang terbesar ketiga di dunia. Sistem fenomenal ini, sering disebut "America's Great Barrier Reef," meluas dari St. Lucie Inlet, utara Miami, ke Dry Tortugas, yang berada di sebelah barat Florida Keys. Taman Nasional Biscayne dan Konservasi Laut Nasional Florida Keys mengandung sekitar dua pertiga dari terumbu karang. Tetapi polusi, perubahan iklim, dan spons oranye yang menyerang karang yang melemah telah menghancurkan banyak ekosistem.

Baca Lainnya : Studi Terbaru Ungkap Alasan Terumbu Karang Mulai Menjauh dari Garis Katulistiwa

Dapatkah Project Coral menyembuhkan terumbu yang terancam? “Sangat menyenangkan untuk menjadi yang pertama yang mencapai terobosan di dunia,” Roger Germann, CEO Akuarium Florida, mengatakan kepada CNN. "Tim ahli kami memecahkan kode ... yang memberi harapan bagi terumbu di Florida Reef Tract dan terumbu di Karibia dan Samudra Atlantik."

Para peneliti mulai bekerja dengan karang Staghorn pada tahun 2014 tetapi kemudian mengalihkan konsentrasi mereka ke karang pilar. Hancur karena penyakit, karang pilar sekarang hampir punah. Sayangnya, klaster betina dan jantan terlalu jauh untuk bereproduksi. Rumah kaca karang di akuarium menggunakan peralatan berteknologi tinggi seperti teknologi LED dan sistem komputer untuk meniru ekosistem karang nyata dan mengirimkan sinyal untuk mendorong reproduksi.

Baca Lainnya : Bukan Hanya Perubahan Iklim, Ini Penyebab Lain Terumbu Karang di Florida  Mati

Akuarium telah membuktikan bahwa pihak-pihak yang ragu itu salah - karena ternyata sangat mungkin untuk menghasilkan bibit karang asli Atlantik di laboratorium. Masih terlalu dini untuk menentukan bagaimana percobaan terkontrol ini akan ditransfer ke semua variabel yang terlibat dalam penghidupan kembali terumbu karang. Tetapi keberhasilan ini telah memacu sikap positif para ilmuwan tentang masa depan yang bahagia bagi terumbu karang dan ekonomi pariwisata Florida. Germann berkata, "Sekarang benar-benar ada harapan, saya pikir kita bisa menyelamatkannya." [Ayu/NN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Kucing Pertama yang Terinfeksi Virus Corona Ditemukan di Belgia

Pet & Animal   28 Mar 2020 - 22:49 WIB
Bagikan:          
Bagikan: