Studi Baru: Pelihara Anjing, Jantung Manusia jadi Lebih Sehat

TrubusLife
Syahroni
28 Agu 2019   14:00 WIB

Komentar
Studi Baru: Pelihara Anjing, Jantung Manusia jadi Lebih Sehat

Anjing membantu pemiliknya agar memilki jantungyang lebih sehat. (Heart and Stroke Foundation of Canada)

Trubus.id -- Anjing bukan hanya sahabat terbaik manusia. Mereka juga baik untuk kesehatan kita, tulis para peneliti dalam studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Mayo Clinic Proceedings, Jumat (23/8) lalu.

Dalam hasil penelitian itu disebutkan, memiliki hewan peliharaan, terutama anjing, dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Studi ini dimulai pada 2013 dan 2014, ketika para peneliti mengumpulkan informasi kesehatan dan sosial ekonomi pada lebih dari 2.000 orang di Brno, Republik Ceko, dan menjadwalkan evaluasi tindak lanjut untuk setiap lima tahun hingga 2030.

Yang terbaru adalah tahun ini, pada tahun 2019, ketika para peneliti kembali mengamati sekitar 2.000 orang yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Mereka memberi skor kepada para partisipan dalam daftar American Heart Association tentang tujuh perilaku dan faktor kesehatan ideal, yang juga dikenal sebagai "Life's Simple 7": indeks massa tubuh, diet, aktivitas fisik, status merokok, tekanan darah, glukosa darah dan kolesterol total.

Baca Lainnya : Study: Stres Tinggi Tak Hanya Buruk untuk Manusia, Tapi Juga Anjing Anda

Para peneliti membandingkan skor kesehatan kardiovaskular pemilik hewan peliharaan dengan orang-orang yang tidak memiliki hewan peliharaan. Secara umum, orang yang memiliki hewan peliharaan lebih aktif secara fisik daripada mereka yang tidak, dengan diet sehat dan kadar gula darah.

Tetapi kemudian mereka membandingkan pemilik anjing dengan orang lain dan menemukan bahwa tidak peduli usia, jenis kelamin, atau tingkat pendidikan mereka, mereka mendapat manfaat paling besar dalam hal kesehatan jantung.

Temuan ini konsisten dengan penelitian yang menunjukkan bahwa kepemilikan anjing mengarah pada aktivitas fisik yang lebih banyak. Sementara itu, kepemilikan hewan peliharaan secara umum mengurangi stres, meremehkan harga diri kita dan membuat kita lebih sosial.

Baca Lainnya : Anjing Beagle Mampu Mengendus Kanker Paru paru dengan Tingkat Akurat 97 Persen

Francisco Lopez-Jimenez, salah satu peneliti utama dalam tim, mengatakan apa yang membuat penelitian ini begitu signifikan adalah bahwa hal itu menunjukkan manfaat memiliki seekor anjing melampaui sekadar peningkatan aktivitas fisik. Studi ini mencakup banyak faktor yang menentukan kesehatan jantung dan arteri, seperti menunjukkan bahwa pemilik anjing cenderung juga memiliki pola makan yang lebih sehat daripada pemilik hewan peliharaan lainnya - sehingga berkontribusi pada kesehatan jantung yang lebih baik.

"Menyatukan semuanya dan tidak hanya fokus pada satu faktor," katanya kepada CNN.

Tetapi dia juga menunjukkan bahwa hasilnya mungkin miring, hanya karena begitu banyak orang memiliki anjing. Dari 42 persen subjek yang memiliki semua jenis hewan peliharaan, 24 persen adalah anjing. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Penangkapan Ikan Besar-besaran Ganggu Rantai Makanan di Laut Bohai

Plant & Nature   14 Nov 2019 - 20:52 WIB
Bagikan:          
Bagikan: