4 Alasan Memilih Beras Merah untuk Diet

TrubusLife
Syahroni
28 Agu 2019   08:00 WIB

Komentar
4 Alasan Memilih Beras Merah untuk Diet

Beras merah. (YouTube)

Trubus.id -- Banyak orang meninggalkan nasi dengan alasan ingin berdiet. Namun sebagian yang lain memilih untuk tetap mengonsumsinya, namun mengganti jenisnya menjadi beras merah. Beras merah dipercaya memiliki kalori yang cukup rendah namun kaya akan serat dan vitamin. Lalu apa lagi kelebihan beras merah dibanding beras putih? Simak ulasannya berikut ini. 

Kulit luar beras merah bernutrisi 

Tidak hanya isinya, kulit luar beras merah ternyata memiliki kandungan serat dan mineral (zat besi, zinc, kalium, natrium, dan mangan). Kulit luar beras merah biasanya masih tetap utuh karena tidak mengalami penggilingan dan pengelupasan yang terlalu berlebihan. Inilah sebabnya beras merah sangat bergizi dan banyak dipilih sebagai makanan diet.

Bantu menjaga daya tahan tubuh 

Khasiat beras merah untuk diet lainnya adalah adanya kandungan vitamin B dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga imunitas serta stamina tubuh. Kandungan vitamin B tersebut dapat membantu pembentukan sel darah merah, serotonin, dan metabolisme karbohidrat.

Mengandung karbohidrat kompleks 

Dibanding beras putih, beras merah mengandung lebih banyak karbohidrat kompleks yang merupakan jenis karbohidrat yang lama dicerna dalam tubuh. Sebuah penelitian ymenyebutkan bahwa mengonsumsi karbohidrat kompleks bisa membuat kenyang lebih laa. Itu sebabnya, mengonsumsi beras merah tidak perlu dalam jumlah banyak. Ya, kamu bisa mengurangi takaran nasi yang biasa, loh. 

Beras merah kaya akan serat 

Yang satu ini kamu pasti sudah sering dengar, bahwa beras merah kaya akan serat. Selain bisa membuat rasa kenyang tahan lama, serat juga bisa memberi suplai energi secara bertahap sesuai kebutuhan tubuh serta dapat membantu menurunkan kolesterol. 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: