Lindungi Hutan Hujan Amazon, Leonardo DiCaprio Gelontorkan Bantuan Rp71 Miliar

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
26 Agu 2019   22:00

Komentar
Lindungi Hutan Hujan Amazon, Leonardo DiCaprio Gelontorkan Bantuan Rp71 Miliar

Leonardo menyatakan ia sangat prihatin terhadap kondisi hutan hujan amazon yang terbakar. (Gettyimages)

Trubus.id -- Organisasi lingkungan hidup yang didirikan aktor kenamaan Leonardo DiCaprio memberikan bantuan dana sebesar $5 juta atau sekitar Rp71 miliar lebih untuk membantu hutan hujan Amazon setelah gelombang kebakaran melanda wilayah itu.

Earth Alliance, akan memberikan uang itu kepada kelompok-kelompok lokal dan masyarakat adat saat mereka bekerja untuk melindungi Amazon. Institut Nasional untuk Penelitian Luar Angkasa di Brasil mengatakan ada lebih dari 72.000 kebakaran di hutan hujan Amazon tahun ini. Jumlah tersebut naik dari 40.000 pada titik yang sama tahun lalu.

Baca Lainnya : Deforestasi di Hutan Amazon Capai Titik Kritis

"Penghancuran hutan hujan Amazon dengan cepat melepaskan karbon dioksida ke atmosfer, menghancurkan ekosistem yang menyerap jutaan ton emisi karbon setiap tahun dan merupakan salah satu pertahanan terbaik planet ini terhadap krisis iklim." tulis sebuah pernyataan di situs web Earth Alliance.

Organisasi yang menerima uang tunai itu adalah Instituto Associesta Floresta Protegida (Kayapo), Koordinasi Organisasi Pribumi Amazon Brasil (COIAB), Instituto Kabu (Kayapo), Instituto Raoni (Kayapo) dan Instituto Socioambiental (ISA).

Lonjakan kebakaran hutan telah diakhiri dengan peningkatan deforestasi yang disengaja untuk peternakan sapi. Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah dituduh oleh para kritikus mendorong penghancuran Amazon melalui kurangnya tindakan terhadap masalah lingkungan.

Namun dia mengatakan organisasi non-pemerintah (LSM) - seperti badan amal - bisa disalahkan karena memulai rekor jumlah kebakaran. Dia belum menawarkan bukti apa pun untuk klaim ini.

Earth Alliance sendiri didirikan oleh Leo dan dua dermawan lainnya pada bulan Juli dan bertujuan untuk melindungi satwa liar, mendorong keadilan iklim dan mengamankan hak-hak masyarakat adat. Amazon Forest Fund adalah inisiatif kelompok untuk mengumpulkan uang untuk melindungi area spesifik ini.

Baca Lainnya : Proyek Big Brother Kumpulkan Satwa Liar Tersembunyi di Hutan Amazon

Dalam sebuah posting Instagram pada hari Sabtu, aktor itu mengatakan dia sangat prihatin dengan krisis yang sedang berlangsung di Amazon, yang menyoroti keseimbangan iklim, keanekaragaman hayati, dan kesejahteraan masyarakat adat. Dia ingin masyarakat terlibat dan mendukung krisis juga, menghubungkan dengan cara orang dapat memberikan sumbangan.

Sementara itu, para pemimpin internasional pada KTT G7 di Biarritz, Prancis, dilaporkan mencapai kesepakatan mengenai bantuan internasional terhadap krisis. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan Inggris akan menyediakan £ 10 juta atau sekitar Rp174 miliar lebih untuk melindungi hutan hujan Amazon.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: