Sedang Flu, Hindari 3 Makanan yang Picu Produksi Lendir

TrubusLife
Thomas Aquinus
26 Agu 2019   08:00 WIB

Komentar
Sedang Flu, Hindari 3 Makanan yang Picu Produksi Lendir

Produk olahan susu (Nutrition Advance)

Trubus.id -- Jumlah lendir di dalam tubuh meningkat ketika sedang pilek atau flu, karena virus yang masuk ke dalam tubuh akan memicu tubuh untuk melepaskan histamin - bahan kimia yang meningkatkan risiko peradangan di selaput hidung. 

Lendir sebenarnya baik untuk tubuh karena berfungsi menyaring zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Namun jika produksi lendir meningkat, tentu akan sangat mengganggu aktivitas terutama karena sulit bernapas.

Selain minum obat serta mengonsumsi makanan dan minuman hangat, kamu juga perlu menghindari beberapa makanan dan minuman yang disebut bisa memicu produksi lendir, terutama saat sedang flu. Pastikan untuk tidak mengonsumsi tiga makanan berikut ini. 

Produk susu 

Fakta bahwa semua produk olahan susu mulai dari susu, roti, keju, krim, hingga yoghurt, dapat memicu produksi lendir masih menjadi perdebatan. Namun sebagai bentuk antisipasi,  hindari saja mengonsumsi produk susu jika sedang flu. 

Gluten 

Tak hanya produk susu, gluten juga termasuk ke dalam kategori makanan dan minuman yang memicu produksi lendir. Gluten merupakan zat yang mampu melengketkan molekul, serta butuh dorongan asam lambung yang banyak agar mudah dicerna. Asam lambung berbentuk cairan atau lendir, yang jika dipicu akan terproduksi berlimpah.

Cokelat 

Seperti produk susu, cokelat juga masih menjadi kontradiksi sebagai penyebab meningkatnya produksi lendir tubuh. Namun jika kamu memiliki alergi terhadap cokelat, maka salah satu reaksi yang ditimbulkan tubuh setelah mengonsumsinya adalah batuk dan kemudian memicu produksi lendir yang banyak. Sebaiknya hindari cokelat jika sedang flu. [NN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Penangkapan Ikan Besar-besaran Ganggu Rantai Makanan di Laut Bohai

Plant & Nature   14 Nov 2019 - 20:52 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: