Chris Hemsworth, si Thor yang Bertekad Lindungi 100 Pulau dari Serbuan Sampah Plastik

TrubusLife
Hernawan Nugroho
26 Agu 2019   09:00 WIB

Komentar
Chris Hemsworth, si Thor yang Bertekad Lindungi 100 Pulau dari Serbuan Sampah Plastik

Hemsworth (kiri) kini menyebarkan kesadaran tentang kampanye untuk mendukung kelestarian lautan (The Inertia)

Trubus.id -- Chris Hemsworth, aktor asal Australia, pemeran tokoh superhero Thor, ternyata dalam kehidupan keseharian di balik layar adalah seorang peselancar dan penasihat kelautan. Kemampuannya berselancar terasah karena persahabatannya dengan Kelly Slater, peselancar profesional yang juga dulunya aktor serial Baywatch.

Kepada the Inertia, Hemsworth mengatakan sangat mencintai lautan, maka dari itu ia menjadi bagian dari gerakan yang digagas Parley for Ocean. Parley adalah organisasi yang didirikan Cyrill Gutsch, berfokus pada membuat orang memahami keindahan dan kerapuhan lautan dan untuk mengilhami orang untuk menemukan solusi untuk menghilangkan plastik. 

Baca Lainnya : Selesai Diperbaiki, Alat Raksasa Pengumpul Sampah Kembali ke Laut Pasifik

Bersama Parley, ia terlibat dalam usaha untuk melindungi 100 pulau dari bencana pencemaran plastik laut pada tahun 2020. Cara yang diyempuh adalah bermitra dengan para pemimpin lokal di 100 pulau di banyak daerah untuk menyebarkan kesadaran tentang polusi plastik global dan mengambil tindakan dengan membersihkan pantai-pantai lokal mereka, menjadikannya bebas plastik pada tahun 2020.

Keseriusan Hemsworth dalam usaha penyelamatan lingkungan laut ditunjukkan dengan mengunjungi Parley Ocean School di Maladewa untuk belajar secara mendalam untuk lebih memahami kompleksitas masalah ini. Sekarang mereka menyebarkan kesadaran tentang kampanye dan apa yang dapat dilakukan untuk mendukung kelestarian lautan.

Chris Hemsworth dengan sampah plastik yang dikumpulkannya dari sebuah pantai (foto: instagram)

Hemsworth kemudian menggandeng sebuah perusahaan muniman ringan untuk mengurangi pemakaian kemasan berbagan plastik. Harap mafhum, wisatawan yang berkunjung ke pantai biasanya mengonsumsi minuman ringan sambil menikmati keindahan alam. Namun, tak jarang yang membuang sampah sembarangan.

Dalam sebuah posting Instagram, Hemsworth menyatakan komitmennya terhadap inisiatif tersebut. “Saya telah menghabiskan sebagian besar hidup saya di dalam dan di sekitar lautan, di situlah banyak kenangan terindah saya berasal,” katanya. "Jika saya memiliki kecemasan atau kekhawatiran, saya akan menuju ke laut dan selalu merupakan tempat di mana saya bisa refreshing, menenangkan batin dan  merasakan diri yang seutuhnya," sambungnya.

Baca Lainnya : Miliaran Sampah Plastik Hanya Perlu 6 Jam untuk Masuk ke Dalam Tubuh Biota Laut

Pengalaman Hemsworth di Maladewa memperjelas bagaimana penggunaan plastik secara  jangka pendek maupun jangka panjang memiliki efek merusak pada lautan. "Saya senang menjadi bagian dari program ini karena ingin menginspirasi orang untuk menemukan solusi dan melindungi lautan dunia sehingga generasi mendatang dapat menikmatinya seperti saya," pungkasnya. [NN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini untuk Singkirkan Perut Buncit 

Health & Beauty   16 Nov 2019 - 22:34 WIB
Bagikan:          
Bagikan: