Kolesterol Sudah Terasa, Ini 3 Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Secara Alami

TrubusLife
Thomas Aquinus
26 Agu 2019   07:00 WIB

Komentar
Kolesterol Sudah Terasa, Ini 3 Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Secara Alami

Sakit kepala bagian belakang. (Healthline)

Trubus.id -- Musim daging qurban sudah lewat. Apa ada di antara Trubus Mania yang sudah mulai merasa tak enak di bagian belakang kepala? Well, kolesterol jahat mungkin sudah mendekat. 

Ketika mengalami kadar kolesterol berlebih, banyak orang memutuskan untuk pergi ke dokter supaya diberi obat kimia untuk mengurangi kadar kolesterol jahat berlebih tersebut. Namun ternyata ada loh cara menurunkan kolesterol dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut ulasannya. 

1. Minum Air Jeruk Nipis 

Jeruk nipis mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan, yang membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh yang sehat, termasuk kadar kolesterol berlebih dalam darah. Minum air jeruk nipis secara rutin terutama saat pagi dan malam hari. 

2. Rutin Konsumsi Brokoli 

Brokoli dikenal sebagai jenis sayur yang mengandung serat tinggi yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Mengonsumsi brokoli secara rutin, akan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Usahakan untuk tidak menggunakan minyak atau margarin agar tidak ada lemak baru yang masuk ke dalam tubuh. Mengukus atau merebusnya sebentar paling disarankan. 

3. Manfaatkan Jus Kulit Manggis 

Iklan produk suplemen kulit manggis sempat viral karena jingle-nya yang catchy. Dan yang pasti lebih banyak orang yang semakin mengetahui manfaat sehat kulit manggis bagi tubuh, termasuk untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kulit manggis dipercaya mengandung zat xanthone yang merupakan bahan aktif untuk antikanker dan antioksidan. Bahkan fungsi zat ini konon jauh lebih kuat daripada vitamin C dan E. 

Pilih kulit manggis yang bagus lalu blender setelah dicampur dengan sedikit air, lalu siap diminum. Semakin rajin minum jus kulit manggis, semakin cepat pula kadar kolesterol berlebih dalam tubuh menurun. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: