Tim Dokter Berhasil Memanen Sel Telur dari 2 Badak Putih Utara Terakhir di Dunia

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
23 Agu 2019   23:00

Komentar
Tim Dokter Berhasil Memanen Sel Telur dari 2 Badak Putih Utara Terakhir di Dunia

Hanya ada dua badak putih utara yang tersisa di dunia - keduanya betina dan tidak subur. (BBC/ Ami Vitale)

Trubus.id -- Tim dokter hewan telah berhasil memanen 10 telur dari dua badak putih betina yang masih hidup di Kenya, dalam prosedur yang belum pernah terjadi sebelumnya. Diharapkan telur yang dipanen akan dibuahi dengan menggunakan sperma beku dari badak putih utara terakhir yang sudah mati sebelumnya. Jantan badak putih terakhir, yang bernama Sudan sebelumnya meninggal pada Maret 2018 silam.

Badak langka telah dibawa ke ambang kepunahan oleh perburuan liar dan hilangnya habitat. Upaya penyelamatan satwa langka ini pun terus dilakukan. Prosedur ini sendiri merupakan upaya bersama yang dilakukan oleh Ol Pejeta Conservancy, Institut Leibniz untuk Penelitian Kebun Binatang & Satwa Liar (IZW), Kebun Binatang Dvr Králové di Republik Ceko dan Layanan Margasatwa Kenya (KWS).

Baca Lainnya : Badak Putih Jantan Terakhir di Dunia, Disuntik Mati, Kenapa?

"Kami senang bahwa kemitraan ini membuat kami selangkah lebih dekat untuk mencegah kepunahan badak putih utara," kata John Waweru, direktur jenderal KWS seperti dilansir dari BBC.

"Ini sangat menyentuh mengingat kematian menyedihkan dari Sudan, pria terakhir, yang meninggal karena usia tua tahun lalu di Kenya." terangnya lagi.

Kedua badak putih utara yang masih hidup itu adalah seekor induk dan seekor anak betina yang bernama Najin dan Fatu. Keduanya kini hidup di bawah pengawal bersenjata 24 jam di Ol Pejeta di Kenya tengah. Namun karena alasan genetik, keduanya tidak dapat berkembang biak. Embrio akan ditanamkan ke badak putih selatan pengganti dalam waktu dekat.

Baca Lainnya : Selamatkan Badak Putih dari Kepunahan, Embrio Rhino Hibrida Berhasil Dibuat

Teknik untuk proses ini telah dikembangkan selama beberapa tahun, kata para ahli, tetapi bukan tanpa risiko. Masih belum pasti apakah embrio yang ditanam akan menghasilkan kehamilan.

Tahun lalu, sebuah tim mengeluarkan telur dari badak betina selatan dan membuahinya dengan sperma beku dari badak putih jantan utara, untuk membuat embrio hibrida. Badak adalah mamalia darat terbesar kedua setelah gajah. Badak putih terdiri dari dua sub-spesies - badak putih selatan dan badak putih utara yang jauh lebih langka dan kritis.

Perburuan liar adalah ancaman utama yang dihadapi semua spesies badak. Kehilangan habitat adalah ancaman utama lainnya dan ahli konservasi mengatakan perlindungan taman nasional dan cadangan sekarang penting. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 24 Agu 2019 - 12:47

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: