5 Manfaat Kesehatan Alpukat yang Luar Biasa

TrubusLife
Hernawan Nugroho | Followers 0
22 Agu 2019   15:00

Komentar
5 Manfaat Kesehatan Alpukat yang Luar Biasa

Alpukat si makanan super dengan beragam nutrisi di dalamnya. (shutterstock)

Trubus.id -- Alpukat adalah salah satu makanan paling lezat di planet ini. Bahkan menurut Cynthia Sass, MPH, ahli gizi dari University of Illinois buah itu termasuk makanan super dengan nutrisi yang beragam. Nutrisi yang terkandung di dalamnya antara lain adalah lemak "baik", zat anti-penuaan dini, antioksidan sang penangkal penyakit berat, dan hampir 20 vitamin dan mineral yang berbeda.

Penelitian terbaru menemukan bahwa pemakan alpukat biasa memiliki asupan serat, vitamin E dan K, magnesium, dan kalium yang tinggi.Mengonsumsi alpukat setidaknya satu kali setiap hari sangat baik untuk kesehatan. Inilah manfaat alpukat yang luar biasa:

Baca Lainnya : Kini, Ada Buah Alpukat yang Rendah Lemak Loh, Mau Coba?

1. Meningkatkan rasa kenyang

Asupan lemak yang baik dalam alpukat memperlambat pengosongan perut, yang membuat Trubus Mania kenyang lebih lama dan menunda rasa lapar. Penambahan  alpukat dalam menu makanan menghasilkan meningkatkan rasa kenyang dan berkurangnya keinginan untuk makan hingga lima jam. Itulah adalah salah satu alasan mengapa ahli gizi sering menyarankan adanya alpukad dalam salad.

2. Mengecilkan pinggang

Menurut sebuah survei di Amerika  Serikat, sebagian besar masyarakatnya fobia pada kegemukan. Itu karena anggapan bahwa makan lemak membuat gemuk. Tetapi kenyataannya adalah mengonsumsi jenis lemak "baik" pada alpukat yang tepat sebenarnya adalah strategi penurunan berat badan yang cerdas.

Selain meningkatkan rasa kenyang, lemak nabati dalam alpukat mengandung antioksidan yang ampuh melawan peradangan.Keduanya bersinergi dalam manajemen berat badan. Itulah sebabnya penelitian terbaru mengungkapkan bahwa pemakan alpukat biasa memiliki bobot badan lebih sedikit dan memiliki pinggang yang lebih kecil.

Efek menunda lapar menyebabkan hasil program diet dapat semakin optimal (foto: gettyimages)

3. Makanan pelindung jantung 

Alpukat telah terbukti memangkas kolesterol LDL atau lemak "buruk", dan meningkatkan kadar HDL atau lemak "baik". Efek ganda yang membantu menurunkan risiko penyakit jantung, pembunuh nomor satu di dunia.

Alpukat juga merupakan sumber kalium, nutrisi yang membantu mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai diuretik alami untuk menyapu kelebihan natrium dan cairan dari tubuh. Itu akan mengurangi tekanan pada jantung dan arteri.

Baca Lainnya : Khasiat Cantik Alpukat, Bisa untuk Rambut dan Kuku

4. Pemacu penyerapan nutrisi

Menikmati alpukat saat makan dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak antioksidan dari makanan sehat lainnya. Mengonsumsi 2,5 sendok makan alpukat membuat penyerapan 8 kali lebih banyak alpha-karoten dan 13 kali lebih banyak beta-karoten-fitonutrien yang dikenal untuk memerangi kanker dan penyakit jantung.

Memadukan alpukat dengan saus tomat dan wortel meningkatkan penyerapan vitamin A sayuran, nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kulit, penglihatan, dan kekebalan tubuh.

5. Dapat dibuat bermacam olahan

Orang Meksiko biasa mengolah alpulat menjadi saus guacamole, tapi masih ada begitu banyak cara lain untuk menikmatinya. Bisa menjadi smoothie buah atau masukkannya ke dalam puding cokelat, bahkan menggantikan dengan mentega saat memanggang. Selamat berkreasi menu berbahan alpukat, Trubus Mania! [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Diet Detoks Hanya dengan Minum Jus Buah, Amankah?

Hernawan Nugroho   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: