Meski Terlihat Cantik, Mikroplastik pada Glitter Sangat Berbahaya Bagi Lingkungan

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
22 Agu 2019   09:30

Komentar
Meski Terlihat Cantik, Mikroplastik pada Glitter Sangat Berbahaya Bagi Lingkungan

Meski terlihat cantik, glitter berbahaya bagi lingkungan. (Shutterstock)

Trubus.id -- Glitter adalah supervillain ulung dari dunia kerajinan dan rias: cantik, namun berbahaya. Gunakan sekali, dan Anda akan menyedotnya dari karpet dan mengambilnya dari bawah kuku Anda sampai waktu anda terbuang percuma. Di atas itu semua, para ilmuwan mengatakan bahwa glitter juga berbahaya bagi lingkungan.

Kebanyakan glitter pada dasarnya adalah potongan kecil dari plastik mengkilap, yang disebut mikroplastik. Mereka adalah bahaya lingkungan yang terkenal untuk lautan dunia, dan mereka saat ini menjadi topik hangat di Inggris. 

Inggris tahun depan akan menerapkan larangan terhadap microbeads - sejenis mikroplastik yang ditemukan pada pencuci muka, lulur, dan produk lainnya. (AS sudah memiliki larangan parsial pada microbeads.)

Baca Lainnya : Peneliti Menemukan, Mikroplastik Telah Mencemari Lapisan Es Kutub Utara

Larangan yang akan datang ini mendorong beberapa ilmuwan untuk memberi tahu The Independent bahwa glitter - seperti glitter longgar dan yang ditemukan dalam produk makeup dan tubuh - harus dianggap sebagai bahaya yang serupa.

"Saya sangat khawatir ketika seseorang membelikan anak perempuan saya gel mandi yang memiliki partikel berkilauan di dalamnya," kata Richard Thompson, seorang profesor di Universitas Plymouth yang memimpin penelitian yang meneliti bagaimana plastik mempengaruhi lingkungan laut seperti dilansir dari CNN.

"Benda-benda itu akan lolos dari lubang buang kamar mandi dan berpotensi memasuki lingkungan," katanya.

Mikroplastik dapat mencemari lingkungan laut, melarutkan bahan kimia ke dalam air, dan membahayakan kehidupan laut jika dicerna.

Baca Lainnya : Lensa Kontak Berkontribusi pada Pencemaran Mikroplastik di Lautan

Trisia Farrelly, seorang antropolog lingkungan di Massey University di Selandia Baru, mengatakan kepada The Independent bahwa semua glitter harus dilarang.

Untungnya, ada harapan bagi kita yang masih memilih untuk menghukum diri kita sendiri karena perbaikan berkilauan: Beberapa perusahaan membuat alternatif ramah lingkungan yang dapat terurai secara hayati dan tidak menyumbat saluran air.

Bagi mereka di Inggris, larangan microbead yang akan datang juga akan mengatasi beberapa masalah pada glitter: Departemen Lingkungan, Pangan dan Urusan Pedesaan mengatakan kepada The Independent larangan itu akan mencakup glitter dalam kosmetik bilas. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 22 Agu 2019 - 14:10

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: