Setop Hitung Kalori Saat Berdiet

TrubusLife
Thomas Aquinus
21 Agu 2019   08:00 WIB

Komentar
Setop Hitung Kalori Saat Berdiet

Ilustrasi menghitung kalori (Everyday Health)

Trubus.id -- Punya tubuh ideal bisa jadi adalah obsesi banyak orang. Selaras dengan itu, banyak metode diet juga berkembang untuk mendapatkan goals tersebut. Mulai dari diet keto, diet garam, diet militer, diet golongan darah, diet mediterania, dan lain sebagainya. Sayangnya, beberapa jenis diet yang kita kenal, hanya berfokus terhadap kalori saja, yang menganjurkan para pelakunya untuk menghitung kalori yang masuk maupun yang keluar dari tubuhnya. Sebagian orang bahkan tak tahu bagaimana caranya. 

Mengutip Glitzmedia, pada dasarnya, berat badan setiap individu atau seseorang merupakan hasil keseimbangan energi antara jumlah kalori yang masuk dan keluar dari dalam tubuh. Umumnya, jumlah kalori yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah sebesar 3.500 kalori (intake). 

Baca Lainnya : Ini Loh Jumlah Kalori Oatmeal yang Biasa Dikonsumsi untuk Diet

Sebelum berdiet, sebaiknya kenali dulu tubuhmu. Pikirkan soal kemampuan metabolisme tubuh yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti umur, jenis kelamin, serta aktivitas fisik yang nantinya berperan dalam penyerapan kalori yang masuk. 

The Journal of the American Medical Association (JAMA) pernah melakukan sebuah studi tentang diet. Mereka menyebutkan bahwa diet tak melulu soal menghitung jumlah kalori. Daripada menghitung jumlah kalori, lebih baik pikirkan saja makanan-makanan yang sehat sehingga mampu menurunkan berat badan.

Artinya, mementingkan kualitas diet jauh lebih penting daripada menentukan kuantitasnya. Dengan kata lain, menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh jauh lebih penting daripada sekadar mengurangi atau menambah bobot tubuh.

Baca Lainnya : Cek Kandungan Kalori Menu Lebaran yang Bakal Kamu Santap Berikut Ini

Dr Dariush Mozaffarian, seorang kardiologis dari School of Nutrition Science and Policy di Universitas Tufts, mengatakan, saatnya orang-orang berhenti menghitung kalori saat berdiet. Hanya berfokus pada jumlah kalori hanya akan menimbulkan efek-efek lanjutan, seperti stres depresi jika berat badan tak kunjung turun.

Eat healthy and happy. [NN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini untuk Singkirkan Perut Buncit 

Health & Beauty   16 Nov 2019 - 22:34 WIB
Bagikan:          
Bagikan: