Tak Semua Berbahaya, Ini Jenis Stres yang Baik Untuk Tubuh

TrubusLife
Thomas Aquinus
21 Agu 2019   06:00 WIB

Komentar
Tak Semua Berbahaya, Ini Jenis Stres yang Baik Untuk Tubuh

Ilustrasi (Learning and The Brain)

Trubus.id -- Kita tahu bahwa cokelat memiliki sifat antistres yang sangat nyata, dan bahwa makan makanan tinggi sayuran dapat membantu mengurangi beberapa efek fisik negatif dari stres. Tetapi yang tidak sering dibicarakan adalah bahwa ada beberapa stres yang justru bermanfaat. 

Ini bukan stres kronis yang dapat menyakiti, tetapi perasaan emosional yang meningkat yang dirasakan seseorang seperti sebelum berbicara di depan umum atau menulis makalah penting. Para ilmuwan telah menemukan bahwa kemampuan kita memuncak di bawah tingkat stres sedang. Dan selama itu tidak berlangsung terlalu lama, stres jangka pendek itu tetap tidak sehat.

Stres dan kecemasan adalah elemen kehidupan kita yang tak terhindarkan dan kadang-kadang bisa bermanfaat.

"Tingkat stres sedang dapat memiliki fungsi inokulasi, yang mengarah pada ketahanan yang lebih tinggi daripada rata-rata ketika kita dihadapkan dengan kesulitan baru," kata psikolog Lisa Damour, Ph.D. yang berbicara pada konferensi tahunan American Psychological Association di Chicago, mengutip MNN. 

Memikirkan stres dan kecemasan sebagai sesuatu yang kadang membantu dan melindungi, membuat orang mendapat manfaat darinya, kata Damour. Mereka memperingatkan bahwa ada sesuatu di lingkungan yang mungkin perlu diubah. Jika khawatir tentang tes atau presentasi, maka kecemasan itu memberi tahu kita bahwa kita perlu belajar. Jika cemas saat mengemudi, stres memberi tahu kita untuk tetap waspada.

Tapi kuncinya adalah jangan khawatir jika kamu kadang-kadang mengalami stres.

Menjaga Otak Tetap Waspada

Sebuah studi di University of California, Berkeley, menemukan bahwa "Sejumlah stres baik untuk mendorong Anda hanya ke tingkat kewaspadaan, perilaku, dan kinerja kognitif yang optimal," kata Daniela Kaufer, associate professor biologi integratif di UC Berkeley. 

Hormon stres tersebut dapat membantu hewan (dan manusia) beradaptasi dengan lingkungan yang berubah. Sebagai contoh, kita lebih cenderung mengingat sesuatu jika disertai dengan beberapa tingkat stres.

"Saya pikir peristiwa stres yang sebentar-sebentar mungkin adalah yang membuat otak lebih waspada, dan Anda tampil lebih baik ketika Anda waspada," kata post-doc Elizabeth Kirby kepada majalah Forbes.

Namun, ketika peristiwa-peristiwa menegangkan itu berlangsung terus-menerus, yang terjadi adalah sebaliknya dan ingatan dapat terganggu, katanya.

Memahami stres

Jadi bagaimana kita tahu kapan stres itu sehat atau tidak? Tak ada jawaban yang pasti, dan di atas itu, masing-masing orang berbeda dalam respons mereka terhadap stres. Tetapi satu cara untuk mengurangi stres adalah dengan mengatasinya secara aktif. Dan orang-orang yang mengelola stres - orang-orang yang umumnya terampil mengelola emosi mereka - lebih mungkin untuk melakukan di tingkat yang lebih tinggi.

Jadi meminimalkan stres adalah taktik A, tetapi taktik B, secara aktif mengelola stres dan emosi yang kita miliki sebagai respons. Menjaga tidur yang berkualitas, bermeditasi, berolahraga, mengenyahkan self-talk negatif dan selalu mencoba berpikir positif, menarik napas dalam-dalam, menghabiskan waktu bersama teman, mengambil cuti, dan melepaskan diri dari pekerjaan adalah cara aktif untuk mengatasi stres.

Trubus Mania, yang mana stresmu? [NN]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini untuk Singkirkan Perut Buncit 

Health & Beauty   16 Nov 2019 - 22:34 WIB
Bagikan:          
Bagikan: