Tumit Kering dan Pecah-pecah, Ini 5 Cara Alami untuk Mengatasinya

TrubusLife
Syahroni
20 Agu 2019   09:00 WIB

Komentar
Tumit Kering dan Pecah-pecah, Ini 5 Cara Alami untuk Mengatasinya

Ilustrasi. (Podiatry and Moore)

Trubus.id -- Tumit kaki yang mengering, bersisik, dan terkelupas kerap menimbulkan rasa sakit saat berjalan, di samping tentunya sangat mengganggu penampilan. Penyebabnya, sudah pasti karena kurangnya kelembapan pada kulit kaki yang seringnya tidak terlalu diperhatikan.

Pada kondisi ini, banyak jenis bakteri, kuman dan infeksi sangat rentan menyerang, loh. Yang kemudian dapat menimbulkan rasa perih dan butuh proses recovery yang lama. Jangan tunggu lagi, berikut beberapa solusi sederhana yang bisa Trubus Mania lakukan untuk mengembalikan kulit tumit mulus bebas pecah-pecah.

Gunakan Pelembap

Kamu bisa menggunakan pelembap seperti lotion, minyak zaitun atau petroleum jelly, untuk mengatasi kulit kering pada bagian tumit. Namun teksturnya yang cenderung pekat bisa membuat tidak nyaman digunakan saat beraktivitas sehari-hari. Solusinya, gunakan produk perawatan kaki tersebut pada malam hari sebelum tidur. Agar lebih maksimal dan terjaga kelembapannya, lapisi kulit dengan kaus kaki, ya. 

Sering-sering Mencuci Kaki 

Setelah beraktivitas dan sebelum berbaring tidur, pastikan kaki tetap dalam keadaan bersih. Artinya, segera cuci kaki begitu kamu selesai menginjakkan kaki di luar rumah. Selain menggunakan air bersih, gunakanlah sabun yang mengandung scrub dan menggosokannya secara perlahan, kemudian keringkan dengan handuk. Segera aplikasikan body butter atau body oil sesudahnya. Hindari menggunakan sabun mandi biasa, karena bisa menyebabkan kulit kering, terutama bagi kamu yang berkulit sensitif. 

Rendam Kaki 

Merendam kaki di air hangat tentu bisa membuat rileks setelah seharian lelah beraktivitas. Cobalah rendam kaki menggunakan perasan jus lemon murni dengan air hangat. Rendam selama 10 hingga 20 menit setiap tiga kali seminggu untuk kondisi tumit kering yang cukup parah. Selain membuat kaki terasa lebih segar, buah lemon mampu membantu menyingkirkan kuman dan bakteri di kaki. 

Gunakan Batu Apung 

Bahan alami dan pengobatan tradisional seringnya cukup ampuh mengatasi beberapa masalah kesehatan, penggunaan batu apung salah satunya. Trubus Mania bisa menggunakannya dengan cara menggosokkan ke telapak atau tumit kaki yang kering dan pecah-pecah. Lakukan dalam kondisi basah untuk menghindari perih dan iritasi.

Kurangi Alkohol dan Kafein 

Kebiasaan mengonsumsi alkohol dan kafein ternyata juga memberi dampak buruk bagi kesehatan kulit loh termasuk telapak dan tumit kaki. Rutinlah mengonsumsi air mineral setiap hari agar tubuh terhindar dari dehidrasi dan kelembapan kulit yang tetap terjaga. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

6 Jenis Anjing Kalem yang Tidak Banyak Menyalak

Pet & Animal   16 Feb 2020 - 23:48 WIB
Bagikan:          

5 Fakta Menakjubkan Tentang Indra Penciuman Anjing

Pet & Animal   16 Feb 2020 - 23:41 WIB
Bagikan:          

Inilah Makanan yang Bantu Menenangkan Sindrom Kaki Gelisah

Health & Beauty   16 Feb 2020 - 23:35 WIB
Bagikan: