Apakah Minum Teh Chamomile Benar-Benar Membantu Orang Tertidur?

TrubusLife
Syahroni
19 Agu 2019   10:30 WIB

Komentar
Apakah Minum Teh Chamomile Benar-Benar Membantu Orang Tertidur?

Teh Chamomile dan bunga. (Live Science)

Trubus.id -- Banyak cara dilakukan orang untuk bisa tidur nyenyak di malam hari.Ada yang berolahraga dulu, ada yang memenuhi perut dulu dan bahkan ada yang terpaksa mengonsumsi obat tidur dulu. Yah, tidur malam buat sebagagian orang memang hal mudah. Namun buat beberapa orang, tidur malam adalah penderitaan. Pasalnya ada beberapaorang yang mengalami masalah dengan tidur.

"Kami telah melihat tulisan dan rekaman orang yang menggunakan chamomile sebagai pengobatan tidur selama ratusan atau bahkan ribuan tahun," terang Erik Zhou, seorang anggota fakultas di Divisi Kedokteran Tidur di Harvard Medical School, mengatakan kepada Live Science.

Tetapi apakah minum chamomile benar-benar membuat orang mengantuk? Juri masih keluar, secara ilmiah, tetapi tidak peduli apa yang dikatakan oleh uji klinis, mungkin ada alasan untuk tetap curam.

"Sangat sedikit penelitian yang menganalisis efek teh chamomile [pada tidur]. Untuk insomnia, ada manfaat sederhana," kata Zhou, merujuk pada studi percontohan 2011 pada orang dengan insomnia kronis.

Baca Lainnya : Penelitian Ungkap, Ekstrak Teh Hijau Paling Ampuh Turunkan Berat Badan

Peserta dalam studi 28 hari mengambil kapsul dua kali sehari yang mengandung ekstrak chamomile atau plasebo. Meskipun penelitian ini kecil, itu adalah penelitian acak, double-blind, dan terkontrol plasebo, sehingga peneliti cukup yakin bahwa hasil yang mereka lihat hanya disebabkan oleh interaksi antara bahan kimia dalam ekstrak chamomile dan tubuh peserta.

Studi ini tidak menemukan bukti konklusif bahwa chamomile membantu peserta tidur lebih baik daripada kelompok kontrol. Ada sedikit peningkatan dalam waktu yang dibutuhkan relawan yang mengambil kapsul chamomile untuk tertidur dan dalam jumlah kali mereka terbangun di malam hari, tetapi efeknya tidak besar, kata ketua peneliti studi Suzanna Zick, seorang profesor peneliti di Departemen Kedokteran Keluarga di University of Michigan.

"Bahkan jika orang menggunakan kapsul chamomile, mereka tidak tidur secara signifikan lebih baik daripada mereka yang menggunakan kapsul plasebo," katanya kepada Live Science.

Baca Lainnya : Ingat, Jangan Seduh Teh Celup Berulang Kali

Sebuah studi tahun 2016 terhadap ibu baru menemukan bahwa sukarelawan yang minum teh chamomile setiap hari selama dua minggu tidur lebih baik dan cenderung memiliki lebih sedikit gejala depresi daripada subyek yang tidak minum teh. Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa pasien usia lanjut yang mengambil dosis ekstrak chamomile yang lebih besar daripada yang diberikan dalam penelitian 2011 tidur secara signifikan lebih baik daripada peserta penelitian yang tidak mengambil ekstrak chamomile.

Sementara hasil-hasil penelitian yang kontradiktif ini mencegah para ilmuwan untuk memberikan jawaban yang pasti tentang efek biokimia yang mungkin dimiliki chamomile pada otak, ada kabar baik bagi para pecinta chamomile. Cukup percaya bahwa sesuatu membantu Anda tertidur dapat, pada kenyataannya, membantu Anda tertidur.

Baca Lainnya : Konsumsi Teh Biji Semangka, Masalah Saluran Kemih dan Ginjal Teratasi

Kualitas tidur dipengaruhi oleh sejumlah besar faktor, termasuk stres di rumah atau di tempat kerja, melihat layar cerah di jam-jam sebelum tidur, dan bahkan tekanan fisiologis dari hari yang panas bertahan tanpa AC. Seperti yang diketahui banyak penderita insomnia, mengkhawatirkan soal tidur dapat membuat pikiran terus berjalan dan membuatnya lebih sulit untuk tertidur.

Secangkir teh chamomile dapat membantu Anda tidur jika Anda yakin itu akan terjadi, kata Zhou. Ini tidak berhasil dengan mengirimkan getaran positif ke alam semesta; ini adalah umpan balik sederhana.

Jika seseorang mengira mereka melakukan sesuatu untuk membantu mereka tidur, "mereka akan merasa kurang stres tentang tidur mereka," kata Zhou, yang juga seorang psikolog yang menghadiri di Rumah Sakit Anak Boston dan Institut Kanker Dana-Farber. Dan jika minum teh sebelum tidur membantu Anda menjadi tenang, maka latihan ini juga dapat membantu Anda tertidur.

Dengan kata lain, jangan biarkan literatur klinis menghentikan Anda dari menikmati cangkir yang bagus sebelum tidur.

"Teh chamomile sangat aman, jadi jika itu bekerja untukmu, tidak ada alasan untuk berhenti meminumnya," kata Zick. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: