Ini Loh Jumlah Kalori Oatmeal yang Biasa Dikonsumsi untuk Diet

TrubusLife
Ayu E Setyowati | Followers 0
18 Agu 2019   21:00

Komentar
Ini Loh Jumlah Kalori Oatmeal yang Biasa Dikonsumsi untuk Diet

Ilustrasi oatmeal. (FreeDieting)

Trubus.id -- Bagi sebagian orang, oatmeal identik dengan makanan diet. Oatmeal sebetulnya adalah jenis tepung kasar yang terbuat dari butiran gandum. Setelah dikuliti, butiran gandum ini bisa digiling, dipotong kasar, atau digulung (dipipihkan) atau disebut juga rolled oat. 

Oatmeal digadang-gadang sebagai bahan makanan yang sehat karena kandungan gizinya yang seimbang. Itu sebabnya, oatmeal menjadi makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat sarapan. 

Cara orang mengonsumsi oatmeal pun beragam. Ada yang menyampurkannya dengan madu, susu, selai kacang, buah-buahan, hingga telur rebus. Cara masaknya juga tak kalah beragam, dari mulai diseduh, dimasak, hingga direndam semalaman. Tapi tahukah kamu apa yang membuat oatmeal disebut sebagai makanan yang sehat? Ini karena jumlah kalori di dalam oatmeal itu sendiri.

Melansir livestrong.com, jumlah kalori oatmeal konon berbeda-beda, tergantung jenis dan cara mengolahnya. Nah, agar bisa menentukan jumlah kalori oatmeal, kita seragamkan dulu pengukurannya, yakni sebanyak 1 (satu) cangkir atau sekitar 40 gram oatmeal.

Oatmeal Potong Kasar (Steel-Cut Oat)

Jumlah kalori oatmeal potong kasar di dalam satu cangkir adalah sebesar 616 kalori, yang sangat pas untuk memenuhi kebutuhan harian dan cocok untuk dikonsumsi saat sarapan.  Karena teksturnya yang kasar, oatmeal jenis ini cukup sulit dikunyah dan dicerna, namun menawarkan sensasi yang menyenangkan di lidah. 

Oatmeal Gulung atau Pipih (Rolled Oat) 

Satu cangkir oatmeal gulung ternyata mengandung 300 kalori. Karena dipipihkan dan teksturnya jadi lebih lebar membuat oatmeal jenis ini lebih cepat dimasak dibandingkan dengan jenis oatmeal lain.  

Oatmeal Instan (Quick Oat) 

Salah satu jenis oatmeal yang juga ramah di telinga orang dan yang paling banyak dikonsumsi adalah oatmeal instan. Hanya dengan menuangkan air panas ke atasnya, oatmeal instan akan segera hancur dan bisa langsung dimakan. Oatmeal-on-the-go ini jumlah kalorinya dalam satu cangkir adalah sebesar 300 kalori.

Bagi sebagain orang, oatmeal jenis ini bahkan enak untuk dikonsumsi tanpa campuran apapun. Namun bagi kamu yang tak suka dengan rasanya, bisa menambahkan madu atau susu supaya lebih nikmat, sehingga energi di pagi hari bisa lebih maksimal.

Let’s get oat! 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Begini Cara Memanfaatkan Kopi untuk Kecantikan Wajah

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: