Flavonoid dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

TrubusLife
Syahroni
18 Agu 2019   10:00 WIB

Komentar
Flavonoid dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Bluberry-flavonoid (Glitzmedia)

Trubus.id -- Jika kamu penggemar teh atau cokelat, mungkin sering mendengar istilah flavonoid. Flavonoid adalah senyawa nabati dengan sifat antioksidan kuat yang juga ditemukan di banyak buah-buahan dan sayuran seperti apel, blueberry dan anggur. Mereka melayani berbagai fungsi seperti melindungi dinding pembuluh darah pada orang yang memiliki penyakit jantung atau diabetes, mengurangi alergi, melindungi kesehatan otak terhadap demensia dan bahkan mencegah beberapa jenis kanker.

Flavonoid atau bioflavonoid - kata lain untuk senyawa yang sama - memiliki sifat obat yang mencakup kemampuan untuk bertahan melawan kanker, virus, belum lagi karakteristik antimikroba, antihistamin dan antiinflamasi.

Sebuah studi baru menemukan bahwa mengonsumsi flavonoid dapat melindungi dari penyakit jantung dan kanker. Ini penting terutama bagi orang yang merokok dan minum lebih dari dua minuman beralkohol dalam sehari.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications, para peneliti menganalisis diet 53.048 orang Denmark selama 23 tahun. Mereka menemukan bahwa makanan kaya flavonoid seperti apel dan teh menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung atau kanker bagi banyak peserta studi. Orang yang mengonsumsi sekitar 500 mg flavonoid setiap hari memiliki risiko terendah terkena kanker atau kematian akibat penyakit jantung.

Di mana menemukan flavonoid?

"Yang terbaik adalah blueberry, cokelat, dan teh hijau," kata Dr. Laurie Steelsmith, seorang dokter naturopati. "Blueberry dan delima membuka pembuluh darah dan membantu sirkulasi, yang membantu segala hal mulai dari diabetes hingga penyakit jantung dan bahkan meningkatkan libido."

  • Blueberry: Blueberry sarat dengan antioksidan yang dapat membantu mendukung dinding pembuluh darah dan berperan dalam melindungi otak dari stres oksidatif, yang penting dalam mengobati tahap awal penyakit Alzheimer. Blueberry juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai D-mannose, yang dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih. Di atas semua itu, tanin yang ditemukan dalam blueberry dapat membantu mengurangi peradangan di lambung dan usus.
  • Teh hijau: Favorit lain flavonoid adalah teh hijau, yang mengandung senyawa yang disebut polifenol (anggur juga memilikinya) yang memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antikanker yang kuat. "Teh hijau dapat membantu wanita yang memiliki Pap smear abnormal karena human papilloma virus (HPV), membantu mencegah kanker payudara dan ovarium, dan memiliki manfaat potensial untuk manajemen berat badan," kata Steelsmith. Studi menunjukkan senyawa dalam teh hijau (yaitu kafein, theanine, dan katekin) dapat membantu meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya membantu menurunkan berat badan.
  • Cokelat: Flavanol adalah jenis utama flavonoid yang ditemukan dalam kakao dan cokelat. Seiring dengan sifat antioksidan, flavanol memiliki potensi manfaat lain untuk kesehatan pembuluh darah, seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung. Satu ons cokelat hitam sehari bisa dicoba. Plus, bahan kimia tanaman ini tidak hanya ditemukan dalam cokelat. Kamu juga dapat menemukannya di cranberry, apel, kacang dan bawang, yang sangat baik untuk alergi.
  • Sayuran: Database Flavonoid USDA mencantumkan konten flavonoid dari 58 sayuran. Di antara mereka yang memiliki nilai tertinggi: Brokoli, kubis, bawang merah dan daun bawang, cabai, rutabaga, bayam dan selada air. Menariknya, jamur tidak memiliki flavonoid yang terdeteksi. 

Apa cara ideal mengonsumsi flavonoid?

Cara terbaik untuk mendapatkan flavonoid adalah dengan mengonsumsi banyak buah dan sayuran segar setiap hari. Steelsmith merekomendasikan empat porsi buah dan lima porsi sayuran. Semakin gelap warna buah atau sayuran, semakin kaya kandungan flavonoidnya. Sementara itu, cokelat harus dibatasi untuk porsi satu ons, tetapi kamu bisa minum teh hijau tanpa batas kecuali peka terhadap kafein.

Jika memiliki kondisi tertentu, kamu dapat mencoba suplemen flavonoid, namun dosisnya sangat bervariasi dan mungkin lebih tinggi dari yang bisa diterima dari makanan sehat dan seimbang. Para peneliti belum menentukan secara pasti kadar flavonoid apa yang secara optimal menguntungkan, atau bahkan apakah flavonoid berbahaya pada dosis tinggi. Seperti halnya semua suplemen, suplemen flavonoid tidak diatur oleh Food and Drug Administration (FDA).

Intinya, yang dapat dilakukan untuk kesehatan secara keseluruhan dan untuk merawat kondisi spesifik adalah makan lebih banyak buah dan sayuran yang mengandung beragam flavonoid kaya antioksidan, menambahkan cokelat, anggur, dan teh dalam jumlah sedang. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini untuk Singkirkan Perut Buncit 

Health & Beauty   16 Nov 2019 - 22:34 WIB
Bagikan:          
Bagikan: