Inilah Sebabnya Makan Daging Merah Tingkatkan Risiko Kanker

TrubusLife
Ayu E Setyowati | Followers 0
17 Agu 2019   12:30

Komentar
Inilah Sebabnya Makan Daging Merah Tingkatkan Risiko Kanker

Ilustrasi (Scimex)

Trubus.id -- Para ahli kesehatan telah mengetahui selama bertahun-tahun bahwa konsumsi daging merah meningkatkan risiko kanker seseorang, namun butuh waktu untuk memahami alasannya. Ternyata bukan lemak dalam daging merah yang meningkatkan risiko kanker. Juga bukan kolesterol atau cara kita memanggang burger dan steak kita, melainkan kandungan gulanya.

Para peneliti di University of California, San Diego menemukan bahwa alasan mengapa daging merah dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih tinggi adalah karena mengandung molekul gula - khususnya Neu5Gc - yang tidak secara alami ditemukan dalam tubuh manusia. Ketika sistem kekebalan melihat molekul gula ini, mereka saling menyerang, dan peradangan dari serangan ini yang, seiring waktu dan paparan yang terus menerus, meningkatkan risiko seumur hidup seseorang untuk terkena kanker.

Terlebih lagi, Neu5Gc ditemukan dalam daging sapi, babi, domba dan bison. Namun, itu tidak ditemukan pada ayam atau ikan - dua sumber daging yang tidak terkait dengan peningkatan risiko kanker. Ini juga ditemukan dalam telur ikan (kaviar,) serta susu dan keju tertentu.

Sebelumnya, para ahli kesehatan percaya bahwa memanggang daging merahlah yang menyebabkan peningkatan risiko kanker. Tetapi para peneliti tidak dapat memahami mengapa memanggang ayam dan ikan juga tidak menyebabkan peningkatan risiko. Sekarang, mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang alasannya.

Dr. Ajit Varki, penulis utama studi ini, mengatakan fenomena Neu5Gc belum pernah terjadi sebelumnya, menjelaskan bahwa Neu5Gc adalah "bensin di atas api" - yang berarti tidak langsung menyebabkan kanker, tetapi meningkatkan risiko penyakit. Varki menjelaskan dalam wawancara mendalam dengan San Diego Union-Tribune:

"Dalam hal ini, gula asing itu seperti Kuda Troya. Itu menjadi bagian dari selmu sendiri," katanya.

"Ketika Anda bereaksi terhadap kacang atau zat penyebab alergi lainnya, Anda bereaksi terhadap sesuatu yang asing. Ini adalah contoh pertama yang kita ketahui tentang sesuatu yang asing, dimasukkan sepenuhnya ke dalam tubuh Anda meskipun faktanya sistem kekebalan tubuh Anda mengenalinya."

Bagaimana dengan ayam?

Bagi mereka yang bertanya-tanya apakah mereka harus berhenti makan daging merah? Varki tidak berpikir demikian. Dia merekomendasikan konsumsi secukupnya saat memilih daging merah dan membatasi konsumsi hingga dua atau tiga porsi per minggu. Menariknya, Varki sendiri tidak makan daging merah, dia hanya makan unggas dan ikan. Sebuah studi yang lebih baru dapat memberikan kepercayaan pada pendekatannya.

Para peneliti yang bekerja dengan Dale Sandler, PhD, dari Institut Nasional Ilmu Kesehatan Lingkungan, menemukan bahwa makan daging merah dapat meningkatkan risiko kanker payudara, makan unggas memiliki efek sebaliknya. Pekerjaan mereka diterbitkan dalam International Journal of Cancer.

Mereka mengikuti praktik makan dan memasak daging dari 42.012 wanita - bagian dari Sister Study, yang mempelajari para wanita dan hubungan kanker payudara mereka - yang diikuti selama rata-rata 7,6 tahun. Kontrasnya jelas, menurut Science Daily: Mereka yang makan daging merah paling banyak memiliki risiko 23 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi paling sedikit. Di sisi lain persamaan itu serupa: Mereka yang paling banyak makan unggas memiliki risiko 15 persen lebih rendah daripada mereka yang makan paling sedikit.

Sandler mengatakan mereka tidak tahu mengapa unggas memiliki efek positif, tetapi bahkan tanpa informasi itu, menjadi lebih jelas bahwa makan lebih sedikit daging merah atau menghilangkannya dapat mengurangi risiko kanker. 

  3


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 17 Agu 2019 - 10:30

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Cindy Tanaka 17 Agu 2019 - 10:30

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Cindy Tanaka 17 Agu 2019 - 10:30

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          

Diet Detoks Hanya dengan Minum Jus Buah, Amankah?

Hernawan Nugroho   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: