Legging Bayi Bisa Jadi Alat Memantau Mikroplastik Air? Begini Caranya

TrubusLife
Thomas Aquinus
16 Agu 2019   08:00 WIB

Komentar
Legging Bayi Bisa Jadi Alat Memantau Mikroplastik Air? Begini Caranya

Perangkat Baby Leg (Inhabitat)

Trubus.id -- Polusi plastik adalah topik hangat yang sedang terjadi di seluruh planet ini, terutama ketika merujuk kehidupan laut dan polusi air. Mikroplastik tak dapat dilihat dengan mata telanjang tetapi muncul dalam tes air di hampir semua tempat. Apakah Trubus Mania memiliki plastik di jalur air terdekat? Jika ingin mengetahuinya, kita dapat mengumpulkan sampel untuk pengujian menggunakan Babylegs, pukat untuk memantau mikroplastik laut. 

Apa Itu Babylegs?

Sepenuhnya didanai di Kickstarter, Babylegs diperkenalkan oleh Civic Laboratory for Environmental Action Research (CLEAR), laboratorium ilmu feminis dan antikolonial yang memproklamirkan diri. CLEAR sedang mengerjakan proyek bersama dengan organisasi lain bernama Public Lab, sebuah komunitas yang mengembangkan alat sumber terbuka dengan harapan memotivasi keterlibatan masyarakat. Bersama-sama, kelompok ini bertujuan untuk menyediakan alat yang dapat digunakan masyarakat untuk membantu mengumpulkan informasi tentang masalah kualitas lingkungan.

Perangkat babylegs di dalam air (Foto: Gazette) 

Baca Lainnya : Peneliti Menemukan, Mikroplastik Telah Mencemari Lapisan Es Kutub Utara

Babylegs menawarkan inspirasi desain yang sederhana dan bersumber dari bahan yang murah dan dapat didaur ulang. Ini adalah perangkat do-it-yourself (DIY), bukan produk perusahaan yang mencari untung. Babylegs adalah alat yang ingin disediakan perusahaan kepada sebanyak mungkin orang yang menggunakannya, murah dan efisien. 

Dengan bahan-bahan yang mudah didapat, siapa pun dapat membangun Babylegs, termasuk sekolah-sekolah. Daftar persediaan dasar adalah legging bayi (ya, celana panjang bayi yang itu), botol air, ampelas, bor, gunting, tali, penjepit (tang), dan obeng. Dengan sedikit alat dan bahan ini, ditambah beberapa bahan lagi seperti botol air, kita dapat membuat Babyleg dan pergi ke saluran air terdekat.

Selain juga menyediakan perlengkapan Babylegs, perusahaan memiliki tujuan untuk memfasilitasi pendidikan tentang mikroplastik di dalam air. Konsepnya adalah bahwa peningkatan jumlah orang yang mengambil dan mengevaluasi sampel akan memberikan basis data informasi air bermikroplastik yang lebih besar yang dapat diandalkan semua orang.

Baca Lainnya : Kerusakan Ekosistem Laut Indonesia karena Mikroplastik Dibahas di Konvensi Internasional

Kampanye Sadar Mikroplastik 

Mikroplastik di air (Foto: Inhabitat) 

Menurut kampanye Kickstarter, “Panduan kegiatan yang disertakan dengan paket peralatan ini dibagi menjadi beberapa bagian untuk membangun pukat BabyLegs, menempatkan BabyLegs di dalam air, memproses sampel di dapur, sekolah atau laboratorium, di mana plastik diurutkan dari bahan organik dan akhirnya secara forensik menganalisis mikroplastik sehingga Anda bisa belajar tentang polusi di perairan Anda. ”

Idenya semata-mata berfokus pada informasi dan pendidikan, sehingga tidak ada yang mewah soal produk tersebut. Sebaliknya, sebagian besar komponen berasal dari bahan daur ulang dan banyak yang dapat digunakan kembali pada akhir siklus hidup Babylegs. Jika memang harus dipasarkan, paket peralatan akan dikirim dalam kemasan yang sepenuhnya dapat didaur ulang yang juga bisa digunakan kembali jika memungkinkan.

Tertarik mencoba? [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Perubahan Iklim Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak Seluruh Dunia

Health & Beauty   19 Nov 2019 - 07:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan: