Ilmuan Khawatir, Burung Camar Dapat Membawa Bakteri Super Kebal Obat

Syahroni | Followers 0
15 Agu 2019   07:00

Ilmuan Khawatir, Burung Camar Dapat Membawa Bakteri Super Kebal Obat

Burung camar dapat membawa bakteri super yang kebal obat. (Doc/ ABCnews)

Trubus.id -- Beberapa burung camar Australia terinfeksi dengan bakteri super yang kebal terhadap antibiotik, menurut penelitian baru. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran bahwa bakteri dapat menyebar dari burung ke ternak atau manusia.

Studi ini, yang ditulis oleh tim ilmuwan di Universitas Murdoch di Perth dan diterbitkan dalam Journal of Antimicrobial Chemotherapy, menemukan bahwa camar perak Australia terinfeksi bakteri resisten antimikroba yang menyebabkan infeksi serius pada manusia seperti infeksi saluran kemih dan sepsis.

Penulis penelitian menguji 562 sampel tinja burung camar Australia. Lebih dari 20% burung ditemukan membawa bakteri yang kebal terhadap antibiotik dan obat-obatan lain yang menargetkan mikroba dalam sistem manusia, kata para peneliti dalam siaran persnya.

Baca Lainnya : Ilmuan Temukan Cara Efektif Menghindari Konflik Antara Manusia-Burung Camar

Mereka juga menemukan burung yang membawa bakteri yang kebal terhadap carbapanem, yang disebut antibiotik lini terakhir yang digunakan untuk mengobati infeksi ketika obat lain gagal.

Resistensi antimikroba terjadi ketika mikroorganisme tertentu berubah karena paparan obat, dan akhirnya mengembangkan resistensi terhadap mereka, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. Penggunaan berlebihan antibiotik dan obat antimikroba telah membantu meningkatkan tingkat resistensi obat, kata WHO.

Masalah ini telah menjadi sangat akut sehingga WHO mendaftarkan resistensi antimikroba sebagai salah satu dari 10 ancaman terbesar terhadap kesehatan global pada 2019.

"Resistensi antimikroba (AMR) - kemampuan bakteri, parasit, virus dan jamur untuk melawan obat-obatan ini - mengancam untuk mengirim kita kembali ke masa ketika kita tidak dapat dengan mudah mengobati infeksi seperti pneumonia, tuberkulosis, gonore, dan salmonellosis. Ketidakmampuan untuk mencegah infeksi serius dapat membahayakan operasi dan prosedur seperti kemoterapi," terang WHO.

Baca Lainnya : Superbug yang Resistan Obat, Tersebar di Rumah Sakit

Mark O'Dea, seorang ahli virologi hewan di Universitas Murdoch dan salah satu penulis makalah, mengatakan kepada CNN bahwa tim peneliti mempelajari AMR pada manusia dan ternak. Mereka memilih untuk memfokuskan penelitian pada burung camar karena mereka pikir bagian dari mata rantai yang hilang mungkin ada hubungannya dengan hewan.

Kebiasaan makan burung camar dapat menjelaskan bagaimana burung-burung tersebut terinfeksi dengan apa yang disebut bakteri super, kata para penulis studi.

"Camar bisa mendapatkan patogen ini melalui kebiasaan makan oportunistik mereka di mana mereka mengais sisa kotoran manusia dan kemudian dapat menyebarkan bakteri resisten ini pada jarak yang sangat jauh," kata O'Dea dalam rilis yang mengumumkan penelitian.

Kebiasaan-kebiasaan ini dipajang di dekat tempat-tempat wisata Sydney terbesar di atas air, termasuk Opera House dan restoran-restoran di sekitarnya. Opera Bar dan Opera Kitchen di dekatnya telah menyewa tim anjing untuk mengusir burung camar.

Baca Lainnya : Keren, Ilmuwan Kembangkan Perangkat untuk Deteksi Bakteri dalam Hitungan Menit

O'Dea mengatakan kepada CNN bahwa burung camar dapat melakukan perjalanan sekitar 1.600 kilometer (1.000 mil) dari sarangnya, yang berarti ada risiko burung-burung itu dapat membawa bakteri super atau superbug dari jarak yang jauh, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menjawab pertanyaan itu secara definitif.

Dia mengatakan kemungkinan burung-burung itu membawa bakteri seperti ini selama beberapa waktu, dan kita semua berinteraksi dengan mereka tanpa terlalu banyak drama. Namun, risiko tertular bakteri super ini kemungkinan diminimalkan oleh kebiasaan sanitasi normal, seperti mencuci tangan.

"Pada orang yang normal dan sehat, ada kemungkinan besar bahwa bahkan jika Anda menelan bakteri itu, itu tidak akan menyebabkan masalah apa pun. Ini adalah hal yang mungkin lebih mungkin menjadi masalah dengan seseorang yang memiliki masalah mendasar." kata O'Dea dilansir dari CNN. [RN]