Puffin, Burung Laut yang Kini Terancam Punah

TrubusLife
Hernawan Nugroho
12 Agu 2019   22:30 WIB

Komentar
Puffin, Burung Laut yang Kini Terancam Punah

Sosok burung Puffin yang terancam punah (SkyNews)

Trubus.id -- Kabar terbaru dari The Nova Scotia Bird Society di Canada, bahwa burung Puffin di ambang kepunahan. Trubus Mania, burung apakah itu? Puffin merupakan burung laut pelagis (pencari makanan di lepas pantai-Red) yang mencari ikan dengan cara menyelam. Dengan pola bulunya yang hitam-putih dan mahir berenang, sehingga sering dikira penguin. Padahal Puffin dengan Penguin jauh berbeda.

Puffin berkembangbiak di sebuah koloni besar yang berada di tebing pantai atau pulau-pulau lepas pantai. Mereka bersarang di celah-celah batu atau di dalam liang di dalam tanah. Dua spesies Puffin yaitu Tufted Puffin dan Horned Puffin, hidup di wilayah Samudera Pasifik Utara, sedangkan Atlantic Puffin hidup di wilayah Samudera Atlantik Utara.

Baca Lainnya : Burung Paruh Bengkok Raksasa Huni Daratan Selandia Baru 19 Juta Tahun Lalu

Sayap mereka yang pendek merupakan senjata mereka untuk menyelam dengan teknik menyerupai ‘teknik terbang di dalam air’. Sementara saat terbang, sayap mereka akan dikepakkan dengan cepat (sekitar 400 kali per menit), dan sering terbang rendah di atas permukaan air laut. Makanan utama Puffin adalah ikan dan zooplankton, tetapi mereka memberi makan anak-anak mereka dengan ikan-ikan berukuran kecil beberapa kali sehari.

Hal hebat dari Puffin adalah, mereka mampu membawa banyak ikan kecil (terkadang hingga lebih dari selusin) dengan menjepit secara melintang di paruhnya tanpa menelannya untuk diberikan kepada anak-anak mereka. Berbeda dengan penguin yang menelan ikan untuk kemudian dimuntahkan kembali untuk anak-anak mereka.

Kebiasaan khas Puffin adalah menyimpan ikan tangkapan di mulutnya. (Foto: NSBirdSociety)

Sayang sekali, Puffin banyak diburu untuk diambil daging, bulu dan telurnya. Populasi Atlantic Puffin menurun drastis akibat dari perburuan di Islandia dan Kepulauan Faroe, serta rusaknya habitat akibat eksploitasi alam yang dilakukan manusia selama abad ke-19 hingga awal abad ke-20.

Penduduk Islandia bahkan memiliki salah satu makanan nasional berbahan baku Atlantic Puffin. Di negara tersebut Puffin tidak memiliki perlindungan Undang-Undang. Penduduk setempat memburu Puffin dengan teknik yang disebut “sky fishing”, yaitu menjaring Puffin yang sedang terbang rendah.

Baca Lainnya : Riset: Anak Burung Sudah Berkomunikasi Satu Sama Lain Bahkan Sebelum Menetas

Di Kepulauan Blasket lepas pantai County Kerry, Puffin sempat diburu besar-besaran untuk dimakan karena saat itu penduduknya mengalami bencana kelaparan yang cukup parah sebelum akhirnya Pulau tersebut ditinggalkan oleh penduduknya pada tahun 1953. Saat ini kepunahan Puffin 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Serangan Migrain Sebelah Kiri Kepala, Apa Artinya, Ya?

Health & Beauty   12 Des 2019 - 12:16 WIB
Bagikan:          

Lautan Telah Kehilangan Oksigen Pada Tingkat Yang Mengkhawatirkan

Plant & Nature   12 Des 2019 - 15:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan: