Kapan Harus Menemui Dokter Saat Batuk Melanda

TrubusLife
Hernawan Nugroho
12 Agu 2019   18:30 WIB

Komentar
Kapan Harus Menemui Dokter Saat Batuk Melanda

Batuk dalam waktu lama patut dicurigai sebagai gejala penyakit berat (shutterstock)

Trubus.id -- Kapan batuk harus diperiksa oleh dokter? Menurut J. Keith Fisher, MD. dari University of California dalam MedicalNewsToday, pasien sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter terkait derita batuk yang tak kunjung hilang. Jenis batuk bervariasi tergantung berapa lamanya diderita seseorang.

Sebagai contoh: batuk akut berlangsung kurang dari 3 minggu batuk sub-akut berlangsung 3-8 minggu, dan batuk kronis berlangsung lebih dari 8 minggu. Setiap batuk dapat memiliki penyebab yang berbeda, dan beberapa mungkin memerlukan perhatian medis.

Kebanyakan batuk akut memiliki penyebab yang kurang serius, seperti pilek. Untuk yang itu tidak perlu menemui dokter. Namun, batuk sub-akut dan kronis bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih serius yang mungkin memerlukan perhatian medis. Penting juga untuk mengunjungi dokter jika batuk terjadi dengan gejala lain yang lebih serius, seperti: batuk darah, pusing,  sesak napas demam penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan.

Baca Lainnya : Batuk Berbulan-bulan, Ternyata Tulang Rahang Pria Ini Tersangkut di Tenggorokannya 

Trubus Mania, berikut inii beberapa kemungkinan penyebab batuk, serta gejala lain yang mungkin ditimbulkannya: 

Flu biasa

Pilek biasa adalah salah satu penyebab paling umum batuk akut. Pilek adalah hasil dari virus pernapasan, yang paling umum adalah rhinovirus. Gejala-gejala pilek lainnya dapat termasuk: sakit tenggorokan bersin sakit kepala pegal-pegal hidung beringus Tidak perlu ke dokter untuk flu, karena gejalanya biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, penting untuk menemui dokter jika gejalanya menetap lebih dari 10 hari atau menjadi parah.

Bronkitis

Bronkitis terjadi ketika saluran udara di paru-paru meradang. Bronkitis akut berlangsung selama beberapa hari atau minggu, tetapi bronkitis kronis dapat bertahan selama berbulan-bulan. Kedua jenis bronkitis ini menyebabkan batuk yang menyebabkan lendir keluar. Gejala lain dari bronkitis meliputi: sakit tenggorokan sakit kepala ingus atau hidung tersumbat pegal-pegal kelelahan

Dimungkinkan untuk mengobati sebagian besar kasus bronkitis akut di rumah dengan istirahat dan obat antiinflamasi non-steroid seperti ibuprofen. Gejala yang berlangsung lebih dari beberapa minggu dapat menunjukkan bronkitis kronis, kalau sudah begitu harus segera pergi ke dokter.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Serangan Migrain Sebelah Kiri Kepala, Apa Artinya, Ya?

Health & Beauty   12 Des 2019 - 12:16 WIB
Bagikan:          

Lautan Telah Kehilangan Oksigen Pada Tingkat Yang Mengkhawatirkan

Plant & Nature   12 Des 2019 - 15:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan: