Wadah Alternatif Pengganti Kantong Plastik Sebagai Pembungkus Daging Kurban

TrubusLife
Astri Sofyanti
10 Agu 2019   17:00 WIB

Komentar
Wadah Alternatif Pengganti Kantong Plastik Sebagai Pembungkus Daging Kurban

Boks kertas sebagai pengganti plastik sekali pakai untuk membungkus daging kurban (Istimewa)

Trubus.id -- Hari Raya Idul Adha akan jatuh esok hari, seluruh umat muslim biasanya memiliki tradisi dengan memotong dan membagikan hewan kurban kepada masyarakat. Namun ketika membagikan daging urban, masyarakat masih banyak menggunakan kantong plastik sekali pakai sebagai wadah pembungkus daging kurban.

Belakangan ini pemerintah melarang masyarakat untuk tidak lagi menggunakan plastik sebagai pembungkus daging. Meski begitu, terdapat beberapa alternatif wadah yang bisa digunakan sebagai pembungkus daging. Kira-kira apa saja ya. yuk kita simak.

Besek bambu

Besek bambu (Foto:Istimewa)

Besek bambu bisa menjadi alternatif pengganti wadah plastik untuk membungkus daging kurban nih. Selain itu besek bambu juga bisa mencegah terkontaminasinya bahan kimia dari plastik sekali pakai, jadi gunakan besek bambu untuk membungkus daging kurban jauh lebih baik.

Besek bambu bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi jumlah sampah plastik karena bisa digunakan berulang kali. Selain itu, sifatnya yang ramah lingkungan dan adanya rongga di antara anyaman besek bambu membuat pengemasan makanan jadi lebih segar.

Food container

Food countainer (Foto: Istimewa)

Meski terkesan mahal, wadah ini bisa jadi pilihan yang efektif untuk mengganti plastik kresek. Kamu bisa mencari food container yang bahannya nggak terlalu tebal dan harganya terjangkau di toko peralatan rumah tangga. Setelah dipakai untuk menaruh daging kurban, food container bisa dibersihkan untuk dipakai pakai berulang loh.

Boks kertas

Boks kertas (Foto:Istimewa)

Boks kertas memiliki bentuk yang solid namun mudah terurai saat dibuang. Proses produksi boks kertas juga dinilai lebih ramah lingkungan daripada plastik sekali pakai.  Selain itu, boks kertas juga bisa didaur ulang dan dengan mudah ditemukan di pasar-pasar lo!

Daun pisang

Daun pisang (Foto: Pixabay/StockSnap)

Kamu bisa memanfaatkan daun pisang sebagai pembungkus daging kurban. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Food Science and Technology, mengatakan daun pisang mengandung antibakteri dan antioksidan tinggi bagi tubuh.

Penelitian lainnya di Bangladesh juga menemukan fakta bahwa ekstrak metanol dalam daun pisang menunjukkan aktivitas penghambatan hemaglutinasi dan hidrogen peroksida diinduksi aktivitas penghambatan hemolisis sel darah merah manusia.

So, jangan lagi menggunakan plastik sekali pakai untuk membungkus daging kurban ya Trubus Mania. Selamat Hari Raya Idul Adha. [NN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: