Memantau Tekanan Darah Lewat Foto Selfie

TrubusLife
Hernawan Nugroho | Followers 0
09 Agu 2019   22:30

Komentar
Memantau Tekanan Darah Lewat Foto Selfie

Dengan alat khusus, foto selfie dapat menunjukkan tekanan darah seseorang (Medicaltoday)

Trubus.id -- Memantau tekanan darah adalah bagian penting dari menjaga kesehatan jantung. Saat ini, cara khas untuk melakukan ini adalah melalui perangkat berbasis manset yang mendeteksi tekanan darah ketika jantung berkontraksi (tekanan darah sistolik) dan rileks (tekanan darah diastolik).

Tetapi tim peneliti dari Hangzhou Normal University, di China, dan University of Toronto, di Kanada, seperti diberitakan MedicalToday, percaya bahwa mungkin ada cara yang lebih cepat, lebih mudah, dan lebih mudah untuk memonitor tekanan darah. Nama metodenya adalah "pencitraan optik transdermal", yang memprediksi pengukuran tekanan darah seseorang berdasarkan video pendek gaya selfie pada wajah mereka.

Baca Lainnya : Terungkap, Penyebab Tekanan Darah Kita Tidak Stabil

Lebih khusus lagi, metode ini menggunakan sensor optik smartphone untuk melacak pola aliran darah di bawah kulit. Ini dilakukan dengan menilai cara cahaya ambient menembus dan memantulkan lapisan luar kulit. "Tekanan darah tinggi adalah kontributor utama penyakit kardiovaskular - penyebab utama kematian dan kecacatan. Untuk mengelola dan mencegahnya, pemantauan teratur terhadap tekanan darah seseorang sangat penting," catat penulis utama studi ini, Prof. Kang Lee.

"Perangkat pengukur tekanan darah berbasis manset, meskipun sangat akurat, tetapi tidak nyaman. Pengguna cenderung tidak mengikuti pedoman American Heart Association dan anjuran produsen perangkat untuk melakukan berbagai pengukuran setiap kali," lanjutnya. Inilah mengapa Prof. Lee dan rekannya berpendapat penting untuk menemukan metode penilaian tekanan darah yang lebih nyaman.

Baca Lainnya : Ini Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Meditasi 15 Menit

Para peneliti melaporkan eksperimen mereka dengan pencitraan optik transdermal dalam makalah studi yang ditampilkan dalam jurnal berjudul Circulation: Cardiovascular Imaging. Model baru menunjukkan akurasi tinggi untuk menguji metode pemantauan tekanan darah inovatif ini, para peneliti merekrut 1.328 peserta di Kanada dan Cina.

Percobaan berlangsung di ruang belajar yang sunyi, di mana para peneliti mengarahkan setiap peserta untuk duduk di depan smartphone yang akan direkam menggunakan kamera depan. Para peserta diberi waktu 5 menit untuk menyesuaikan diri sebelum rekaman dimulai, dan itu berlangsung selama 2 menit. Pada saat yang sama ketika para peserta merekam video selfie-style, para peneliti menggunakan metode tradisional untuk memonitor tekanan darah mereka, untuk membandingkan pengukuran ini dengan prediksi berdasarkan pencitraan optik transdermal.

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 10 Agu 2019 - 12:26

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Begini Cara Memanfaatkan Kopi untuk Kecantikan Wajah

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: