Antisipasi Virus, Wajib Cuci Tangan Setelah Pegang Hewan Kurban

TrubusLife
Thomas Aquinus
09 Agu 2019   21:00 WIB

Komentar
Antisipasi Virus, Wajib Cuci Tangan Setelah Pegang Hewan Kurban

Ilustrasi pegang hewan kurban (Youtube)

Trubus.id -- Perayaan hari Idul Adha sudah di depan mata, namun Trubus Mania harus perhatikan khususnya anak-anak yang senang memberi makan atau sekedar memegang bulu kambing di kandang. Meskipun terdengar biasa, cuci tangan setelah memegang hewan kurban sangat penting agar anak-anak terhindar dari kuman yang ada di tangan.

"Ada berbagai penyakit mulai dari ringan sampai berbahaya yang bisa menular melalui sentuhan. Bermain, berinteraksi dengan teman bahkan hewan bisa menjadi perantara bakteri maupun virus tanpa anak bisa menyadari," ujar dr. Kevin dari Alodokter.com.

Walaupun ternak kurban sudah dinyatakan sehat oleh dokter hewan, tetapi kambing maupun domba menjadi salah satu perantara penyakit zoonosis (penularan penyakit dari hewan ke manusia) yang terdekat.

Baca Lainnya : Jelang Idul Adha, Kementan Terjunkan 105 Personel Pantau Hewan Kurban

Sebelumnya, Balai Penelitian Veteriner pernah mengeluarkan jurnal ilmiah mengenai beberapa penyakit utama yang sering ditemukan pada ruminansia kecil, salah satunya adalah virus orf . Virus yang bersifat zoonisis ini menyerang pada kulit terutama daerah mulut dan menyebabkan lepuh pada kulit manusia.

Virus tersebut sering ditemukan adalah scabies pada kambing dan domba. Penyakit ini muncul akibat kebersihan ternak dan lingkungan kurang terjaga. Selain bisa menular ke sesama ternak, virus juga bisa berdampak ke manusia (tergolong zoonosis). Adapun beberapa bagian tubuh kambing bisa terserang seperti telinga, tumit, sela paha dan bagian ambing.

Baca Lainnya : Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Kurban Cukup

Gejala yang ditimbulkan jika manusia tertular virus ini yaitu gatal-gatal terutama pada malam hari di jari tangan, pergelangan tangan bagian dalam, siku bagian luar, lipatan ketiak depan, pusar, daerah pantat, alat kelamin pada bagian luar (untuk pria) dan aerola pada wanita. Untuk bayi, bisa menyerang telapak tangan dan telapak kaki.

Oleh sebab itu, dr. Kevin menganjurkan untuk segera mencuci tangan dengan menggunakan sabun sebagai cara terbaik untuk pencegahan penularan virus dari hewan kurban. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebakaran Hutan Australia Hancurkan Habitat Spesies Terancam Punah

Plant & Nature   21 Jan 2020 - 18:30 WIB
Bagikan:          

Kandungan di Minuman Bersoda Ternyata Bisa Membuat Kita Kecanduan

Health & Beauty   21 Jan 2020 - 17:08 WIB
Bagikan:          
Bagikan: