Gantikan Plastik, Sedotan Kertas McDonald Terlalu Tebal dan Sulit Didaur Ulang

TrubusLife
Ayu Erning Setyowati | Followers 0
09 Agu 2019   07:00

Komentar
Gantikan Plastik, Sedotan Kertas McDonald Terlalu Tebal dan Sulit Didaur Ulang

Sedotan kertas (Culture Map)

Trubus.id -- Sepertinya minuman shake di beberapa restoran McDonald bukan satu-satunya benda kental (tebal) di sana. Word, sedotan kertas dari rantai makanan cepat saji ini yang diperkenalkan setahun lalu untuk tetap selaras dengan “peduli lingkungan” ternyata sulit didaur ulang, karena terlalu tebal dan menjadi terlalu lembek saat terendam dalam minuman.

Sedotan kertas ini diperkenalkan pada tahun 2018 setelah uji coba terhadap 1.361 waralaba McDonald yang berlokasi di seluruh Inggris dan Irlandia.

Masalah dengan sedotan ini pertama kali dilaporkan oleh surat kabar The Sun, yang menerbitkan memorandum internal McDonald yang menyatakan sedotan kertas miliknya "belum didaur ulang dan harus dibuang dalam limbah umum sampai pemberitahuan lebih lanjut."

Baca Lainnya : Google Janjikan Pengiriman Bebas Karbon dan Produk dari Plastik Daur Ulang

"Meskipun bahan-bahan tersebut dapat didaur ulang, ketebalannya saat ini mempersulit bahan-bahan tersebut untuk diproses oleh penyedia solusi limbah kami, yang juga membantu kami mendaur ulang gelas kertas kami," kata juru bicara McDonald kepada kantor berita Press Association di Inggris.

Meskipun sedotan plastik asli dapat didaur ulang dengan lebih mudah, Uni Eropa bersama dengan pemerintah Inggris telah memilih untuk pindah ke pelarangan sedotan plastik pada tahun 2020 dan ingin McDonald menghentikan penggunaan produk-produk tersebut.

“Rencana ambisius pemerintah, dikombinasikan dengan pendapat pelanggan yang kuat, telah membantu mempercepat perpindahan dari plastik, dan saya bangga bahwa kami dapat memainkan peran kami dalam membantu mencapai perubahan sosial ini,” Paul Pomroy, CEO McDonald's Inggris dan Irlandia, mengatakan dalam siaran pers pada saat itu.

Baca Lainnya : Bandara San Francisco Keluarkan Larangan Penuh Penggunaan Botol Plastik

Tidak mengherankan, sedotan kertas baru belum menjadi hit sejak awal, menurut laporan lain. Misalnya, banyak pengguna media sosial sibuk berkomentar bahwa sedotan kertas terlalu lembek dalam minuman. Selain itu, sebuah petisi formal yang meminta McDonald untuk kembali ke sedotan plastiknya telah mengumpulkan lebih dari 50.000 tanda tangan.

Bagaimana menurut Trubus Mania? [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Darah Naga yang Kini Terancam Punah

Hernawan Nugroho   Plant & Nature
Bagikan: