Ini Dia "Densuke", Semangka Supermahal Asal Jepang

TrubusLife
Hernawan Nugroho
08 Agu 2019   20:00 WIB

Komentar
Ini Dia "Densuke", Semangka Supermahal Asal Jepang

Mahalnya harga disebabkan jumlah produksinya yang sedikit dan kualitasnya yang premium (AsahiShimbun)

Trubus.id -- Semangka, tanaman dari keluarga Cucurbitaceae, keragaman warna dan ukurannya menakjubkan. Varietas yang paling mahal adalah semangka Densuke dari Jepang yang menghasilkan buah-buahan besar hingga 8 kilogram, lebih kecil dari ukuran standar yang dijual di Eropa dan Amerika Serikat, tetapi harganya jauh lebih mahal daripada beratnya. Itu lantaran jenis itu sangat langka dan setiap tahun hanya terdapat sekitar kurang dari seratus di seluruh Jepang.

Menurut Asahi Shimbun, semangka Densuke dianggap semangka paling mahal di dunia dan harganya rata-rata minimal US$ 250 hingga US$ 6.000 (setara Rp85-juta). Mahalnya harga mencerminkan bagaimana petani mengalokasikan jumlah waktu untuk merawat selama proses budidayanya yang khusus.

Semangka Jepang ini hanya tumbuh di pulau utara Hokkaido. Cita rasanya tidak tertandingi, dengan tingkat kemanisan yang sangat berbeda dan jauh lebih tinggi yaitu 180 brix, ditandai dengan warna yang sangat merah dan renyah dengan sangat sedikit biji.

Baca Lainnya : 3 Jenis Semangka yang Paling Dicari Peminatnya

Ia dikenal karena kulitnya yang keras yang memiliki warna hijau sangat gelap yang kadang-kadang tampak hitam dan berkilau. Semangka Densuke belum banyak ditanam di luar Jepang, tetapi bijinya mulai tersedia secara komersial di Eropa dan Amerika.

Terkait dengan tatacara budidaya semangka itu, secara umum, ia memerlukan ruang yang cukup besar dan karenanya mudah tumbuh di sembarang perkebunan. Semangka super mahal itu juga memerlukan beberapa bulan perawatan dan pemeliharaan, membuatnya tersedia untuk dijual hanya dalam beberapa potong saja per tahun.

Semangka mendapat perlakuan sangat istimewa di masyarakat Jepang

Cara pengemasannya khususnya dibandingkan dengan kebiasaan: ia disajikan dalam kotak kardus berbentuk kubus yang elegan dengan perlindungan agar tidak rusak dan disertakan sertifikat yang menunjukkan asalnya. Densuke lazim dipakai sebagai hadiah berharga pada acara-acara khusus, seperti pernikahan, berbagai ucapan selamat kepada kekasih dan sebagai isyarat untuk membalas budi bantuan yang diterima.

Salah satu semangka langka dan cantik ini dijual seharga $ 6.100 di Jepang beberapa tahun yang lalu. Semangka jumbo hitam yang pernah dilelang di Jepang utara mengambil rekor $ 6.100 pada 2008, menjadikannya semangka paling mahal yang pernah dijual di negara itu dan mungkin juga dunia.

Baca Lainnya : Enggak Nyangka Buah Semangka Bisa Dibikin Keripik, Caranya?

Semangka premium Densuke dengan berat  rata-rata 17 pon atau setara 7,7 kg itu hanya tumbuh di pulau utara Hokkaido. Jepang adalah negara di mana melon diperlakukan sebagai barang mewah yang biasa diberikan sebagai hadiah. Label harga semangka yang tinggi Densuke dalam acara lelang buah mengalahkan harga buah lainnya yaitu sepasang melon melon "Yubari". Semangka berkulit gelap itu terjual dengan rekor harga US$ 23.500 (setara Rp334-juta).

"Itu adalah harga tertinggi yang pernah tercatat untuk semangka Densuke, dan itu mungkin berarti itu adalah semangka tertinggi dalam sejarah Jepang," kata Kazuyoshi Ohira, juru bicara Koperasi Pertanian Tohma di Hokkaido. Ia memiliki kulit hitam yang tidak biasa, kata Ohira. Jika dibelah, bagian semangka garing dan keras dan rasanya tidak tertandingi. "Ini semangka, tetapi sangat istimewa," pungkasnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Serangan Migrain Sebelah Kiri Kepala, Apa Artinya, Ya?

Health & Beauty   12 Des 2019 - 12:16 WIB
Bagikan:          

Lautan Telah Kehilangan Oksigen Pada Tingkat Yang Mengkhawatirkan

Plant & Nature   12 Des 2019 - 15:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan: