Pantai Mempunyai Kekuatan Penyembuhan Stres dan Baik untuk Psikis

TrubusLife
Hernawan Nugroho
08 Agu 2019   17:30 WIB

Komentar
Pantai Mempunyai Kekuatan Penyembuhan Stres dan Baik untuk Psikis

Suara dan pola deburan ombak di lautan bertindak sebagai energi yang memulihkan, membuat rileks, dan menenangkan. (the Guardians)

Trubus.id -- Studi terbaru menunjukkan bahwa pantai adalah salah satu tempat terbaik untuk meredakan stres dan mengurangi beban psikis. “Air dianggap sebagai ramuan dan sumber kehidupan. Ini mencakup lebih dari 70% permukaan Bumi, membentuk hampir 70% dari tubuh kita, dan merupakan lebih dari 70% dari jantung dan otak kita, ”kata Richard Shuster, PsyD, psikolog klinis dari Middlebury Institute of International Studies at Monterey.

"Terjadi sebuah hubungan biologis yang terbukti memicu respons langsung di otak kita ketika kita berada di dekat air," ujar Richard kepada the Guardians. Menurut berbagai penelitian para ahli, hanya dengan melihat dan mendengarkan suara air saja sudah dapat menyebabkan naiknya kadar hormon pengatur saraf yang meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung serta memicu relaksasi.

Baca Lainnya : Studi Menunjukkan, Dua Jam di Alam Bebas Baik Untuk Kesehatan Mental

Berada di daerah pesisir, meskipun hanya sementara saja dapat meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan kesejahteraan. Kontak dengan air menginduksi keadaan meditasi yang membuat kita lebih bahagia, lebih sehat, lebih tenang, lebih kreatif, dan lebih mampu menikmati hidup.

Secara analogis, bahwa benda-benda milik kita perlu dibersihkan dari waktu ke waktu, akibat sering digunakan atau terkena pengaruh lingkungan yang tidak ramah. Tubuh manusia dan jiwa pun juga perlu dibersihkan. Itu harus dilakukan untuk memastikan bahwa fungsi pikiran, tubuh dan jiwa tidak terpengaruh dengan cara yang merugikan dalam jangka panjang.

Penyembuhan dengan media laut adalah salah satu cara terbaik untuk mengembalikan keseimbangan energi kita, baik secara fisik maupun spiritual. Ini adalah cara yang sangat efektif dan efisien untuk membersihkan tubuh, mengisi ulang pikiran dan menyegarkan jiwa.

Luangkan waktu untuk pergi ke tepi laut sebagai metode penyegaran mental (foto:shutterstock)

Kontak dengan lautan meningkatkan kesadaran spiritual dan mengilhami perubahan positif dalam hidup kita, ketika frekuensi getaran tubuh, pikiran, dan jiwa mencapai ketinggian baru ketika kita berada di dekat air. Arus di lautan bertindak sebagai energi yang memulihkan, membuat rileks, dan menenangkan.

Baca Lainnya : Awas, Dehidrasi Bisa Memengaruhi Kinerja Mental

Ada banyak cara kreatif bagaimana dapat menyelaraskan diri dengan energi lautan. Habiskan waktu sebanyak mungkin  dengan berjalan di pantai, berlayar atau memancing, atau berenang di lautan itu sendiri. Tanpa menyadarinya, tubuh, pikiran, dan jiwa akan jauh lebih sehat.

Menurut psikologi warna, biru memiliki efek menenangkan yang mendalam pada orang-orang. "Menatap lautan sebenarnya mengubah frekuensi gelombang otak kita dan menempatkan ke dalam kondisi meditasi yang ringan. Ada semua manfaat kognitif dan emosional yang diperoleh setiap kali menghabiskan waktu dengan air," kata Richard. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Serangan Migrain Sebelah Kiri Kepala, Apa Artinya, Ya?

Health & Beauty   12 Des 2019 - 12:16 WIB
Bagikan:          

Lautan Telah Kehilangan Oksigen Pada Tingkat Yang Mengkhawatirkan

Plant & Nature   12 Des 2019 - 15:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan: