Undang-Undang Hak Hewan di Swiss untuk Pemilik Guinea Pig

TrubusLife
Hernawan Nugroho | Followers 0
08 Agu 2019   13:00

Komentar
Undang-Undang Hak Hewan di Swiss untuk Pemilik Guinea Pig

Kini warga Swiss tak bisa sembarangan memelihara makhluk berbulu yang imut itu. (PetCo)

Trubus.id -- Pemilik guinea pig atau biasa disebut cavy di Swiss harus memperhatikan kualitas hidup satwa peliharaannya tersebut. Menurut Mystical Raven, memiliki hanya satu ekor saja hewan sebangsa marmut itu adalah tindakan ilegal yang melanggar hukum. Alasannya adalah bahwa tindakan itu menghalangi kesempatan hak hewan peliharaan untuk berteman dengan anggota spesiesnya sendiri. Itu dapat dianggap sebagai tindakan kekejaman. Jadi harus memiliki sepasang.

Bukan hal yang aneh bagi warga negara Swiss untuk memiliki cavy. Sementara banyak orang mungkin menganggap kucing dan anjing sebagai hewan ideal, orang Swiss melihat cavy dengan cara yang sama. Hewan-hewan itu pun diperlakukan sebagai anggota keluarga. Bahkan, negara tersebut telah mengambil langkah-langkah hukum untuk memastikan bahwa hewan peliharaan ini diberikan hak dan perlindungan yang sama seperti manusia. Undang-undang hak-hak hewan itu pertama kali diperkenalkan di sana pada 2008.

Baca Lainnya : Cegah Kekejaman pada Satwa, Pemerintah Kanada Tutup Kebun Binatang dan Sita 100 Ekor Hewan

Pemerintah Swiss ingin rakyatnya hidup bahagia dan sehat. Tujuan ini diperluas untuk hewan yang tinggal di sekitar orang-orang ini. Meskipun beberapa orang asing mungkin merasa sulit untuk percaya, cavy diberi perlindungan serupa di bawah hukum di Swiss. Kini warganya tak bisa sembarangan memelihara makhluk berbulu itu. Undang-undang baru menyatakan bahwa pemilik tidak boleh hanya memiliki satu ekor cavy. Alasannya karena membuat hewan peliharaan ini kesepian dan lebih rentan terhadap perasaan terisolasi bahkan berpotensi membuatnya mudah sakit.

Trubus Mania, tentu saja undang-undang itu menimbulkan pertanyaan yang menarik dan relevan. Apa yang harus dilakukan pemilik ketika salah satu marmut mati?

Untungnya warga di sana cepat memutar otaknya dan saat ini ada banyak layanan yang tersedia untuk "rental cavy". Sebuah solusi instan, jika memiliki sepasang marmut dan satu lagi pasangannya mati. Itu memastikan bahwa pemilik tidak berakhir dengan melanggar hukum.

Baca Lainnya : Empat Anak Harimau Sumatra Jadi Koleksi Kebun Binatang Jerman

Swiss memiliki banyak undang-undang lain yang melindungi hak-hak hewan yang "aneh". Sebagai contoh, ikan mas perlu ditemani oleh ikan lain di tangki mereka. Banyak spesies burung perlu disosialisasikan secara teratur. Meskipun pemilik dapat memiliki satu kucing, hewan peliharaan ini harus dapat melihat kucing lain melalui jendela. 

Undang-undang itu terus diperbaharui materinya untuk mengikuti dengan tren kemajuan zaman. Sementara banyak orang di luar Swiss menganggap hukum ini aneh, niat pemerintah Swiss serius menerapkannya dan meminta untuk memahami niat baik di balik aturan tersebut. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Makanan Kucing Paling Bagus untuk Menyehatkan Bulu

Hernawan Nugroho   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: