9 Juta Hektare Lahan Alamnya Hilang, AS Semakin Rentan Terdampak Perubahan Iklim

TrubusLife
Syahroni
07 Agu 2019   20:00 WIB

Komentar
9 Juta Hektare Lahan Alamnya Hilang, AS Semakin Rentan Terdampak Perubahan Iklim

Penebangan kayu di Hutan Negara Elliott di Oregon barat daya, AS pada 27 Juli 2016. (REUTERS/Eric Johnson)

Trubus.id -- Amerika Serikat telah kehilangan setara dengan sembilan taman nasional Grand Canyon, atau 24 juta acre (9712455,41 hektar) area alami, antara tahun 2001 dan 2017 karena pertanian, pengembangan energi, perluasan perumahan dan faktor manusia lainnya. Dengan kondisi ini, negara tersebut kini lebih rentan terhadap dampak perubahan iklim, menurut laporan yang dirilis Selasa, (7/8).

Studi oleh think tank progresif Center for American Progress berjudul “Berapa Banyak Alam yang Harus Dipertahankan Amerika” mengatakan AS perlu menetapkan tujuan untuk melindungi 30% daratan dan lautan pada tahun 2030 untuk membendung penurunan cepat area alami, yang akan melindungi negara dari dampak terburuk dari perubahan iklim dan kepunahan satwa liar.

Laporan tersebut berupaya menghitung tingkat kehilangan lahan alami dengan menilai dampak ekstraksi minyak dan gas, pembangunan jalan, pembangunan perumahan, pertanian dan aktivitas manusia lainnya.

Saat ini, 12% wilayah daratan AS telah dilestarikan sebagai taman nasional, area hutan belantara, dan jenis kawasan lindung lainnya, sementara 26% wilayah laut AS dilindungi dari aktivitas ekstraktif seperti pengeboran minyak dan gas, kata laporan itu.

"Amerika Serikat memasuki era di mana ia akan lebih bergantung pada integritas dan stabilitas dunia alami untuk memberikan kemakmuran ekonomi, menjaga kesehatan masyarakat, dan menghadapi dampak perubahan iklim," kata laporan itu seperti dikutip dari Reuters, Selasa (7/8).

Kehilangan paling curam dari wilayah alami - tidak tersentuh oleh perkembangan manusia - terjadi di bagian selatan dan barat daya AS ketika jejak kaki kota, pertanian, jalan, pembangkit listrik, dan pembangunan lainnya meningkat dari tutupan 47% dan 59% dari luas daratan mereka.

Untuk mencapai tujuan melindungi 30% lahan pada tahun 2030, AS perlu memperkuat kebijakan konservasi lahan yang ada di tingkat federal dan lokal, kata laporan itu. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: