Ini Dia Kelebihan Menggunakan Pupuk Organik Cair

TrubusLife
Thomas Aquinus | Followers 0
06 Agu 2019   15:30

Komentar
Ini Dia Kelebihan Menggunakan Pupuk Organik Cair

Ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Trubus Mania tahukah apa yang dimaksud dengan pupuk organik cair? Pupuk organik cair yaitu hasil larutan yang difermentasi dan berbahan dasar dari berbagai jenis yang ada. Misalnya mol mengandung unsur hara makro, mikro, dan juga mengandung mikroorganisme yang berpotensi sebagai perangsang pertumbuhan sebuah tanaman.

Adapun kelebihan dari pupuk cair adalah mampu mengatasi defensiensi hara, dan menambah hara (N dan p) pada tanaman sehingga dapat meningkatkan produksi tanaman. Namun, ternyata masih banyak kelebihan lain yang dimiliki oleh pupuk organik cair seperti dibawah ini:

Ramah Lingkungan

Ketika banyak orang yang memanfaatkan pupuk organik cair yang terbuat dari sampah, sisa-sisa tanaman, kotorah hewan dan manusia serta limbah akan membantu mengurangi sampah. Dengan mendaur ulang sampah serta kotoran, hal itu akan mengurangi penumpukan sampah dan justru bermanfaat. Manfaatnya yaitu dapat membantu pertumbuhan tanaman. 

Selain itu sampah organik yang telah didaur ulang dan menjadi kompos, nantinya akan digunakan untuk menambah nutrisi tanaman. Kelebihan lain yang dimiliki kompos organik bukan hanya berpengaruh baik terhadap lingkungan, tetapi tehadap tanaman juga. Tanamanan menjadi aman untuk dikonsumsi.

Meningkatkan Kualitas produk

Kelebihan menggunakan pupuk organik cair lainnya adalah mampu menghasilkan tanaman berkualitas. Sayur yang diberi pupuk organik akan jauh lebih segar dan enak. Serta memiliki daya simpan yang lebih lama. Contohnya, wortel organik mampu bertahan hingga 3-4 minggu. Sementara wortel non-organik hanya akan bertahan 1 sampai 2 minggu saja. 

Lalu, ada kubis organik yang bertahan sampai satu minggu lamanya. Tetapi kubis non-organik tidak mampu bertahan satu minggu. Jadi makanan yang diolah dengan organik akan memiliki masa bertahan jauh lebih lama kembang menggunakan non-organik. 

Menghemat Biaya

Dikatakan menghemat biaya karena pupuk organik cair lebih murah dibandingkan harga pupuk anorganik yang harganya sangat mahal. Sehingga tidak heran jika sebagian besar petani lebih senang menggunakan pupuk organik ketimbang anorganik. Meskipun ada yang bilang pemakaian pupuk anorganik lebih praktis, juga hasilnya cepat bisa dilihat. 

Oleh karenanya diharapkan petani agar memanfaatkan sampah dan mendaur ulang kembali agar menghasilkan hasil yang diinginkan. Pemakaian pupuk organik cair pastinya mampu menghemat pengeluaran, hasilnya pun lebih besar untuk panen. 

Revitalisasi Produktivitas Tanah

Pada dasarnya dalam pemakaian pupuk anorganik secara terus-menerus justru akan berdampak kurang baik terhadap kondisi hara tanah. Pupuk anorganik akan menyebabkan kekurangan hara karena terakumulasi di tanah. Mengapa demikian? Karena tanah yang sering diberi pupuk anorganik, lama-kelamaan membuat tanah jadi keras sehingga sulit untuk diolah. Selain itu akan menghambat pertumbuhan tanaman.

Kemudian kelebihan lain yang dimiliki oleh pupuk organik cair di antaranya:

  • Dapat digunakan untuk pupuk tanaman, bersifat release dan memiliki kandungan unsur hara yang lengkap.
  • Pupuk organik cair lebih cepat diserap oleh daun dan fotosintesis.
  • Mampu membantu proses pelapukan bahan mineral.
  • Mampu meningkatkan kapasitas tukat katian.
  • Meningkatkan pengikatan antar partikel.

Maka dari situlah, sekarang petani harus pandai-pandai untuk memilih. Meskipun pupuk organik harus melakukan daur ulang kembali, namun jauh lebih aman dan hasilnya lebih maksimal. Dibandingkan menggunakan sampah anorganik yang justru berdampak negatif, membuat tanah jadi lebih keras, juga membuat petani kecanduan. Jangan terlena karena mudah dan praktis, tetapi mulailah berpikir kritis agar kelangsungan pertumbuhan dapat berkembang dengan baik.

Jadi itulah kelebihan yang diperoleh saat menggunakan pupuk organik cair. [Martin/NN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Darah Naga yang Kini Terancam Punah

Hernawan Nugroho   Plant & Nature
Bagikan: