Serangga Mungil Ini Bantu Petani Bawa Pestisida Beracun ke Sarang Lebah

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
06 Agu 2019   16:00

Komentar
Serangga Mungil Ini Bantu Petani Bawa Pestisida Beracun ke Sarang Lebah

kutu putih invasif , serangga sepanjang 6 milimeter yang memakan tanaman yang biasanya terkontaminasi dengan pestisida. (Sciencemag.com)

Trubus.id --  Pestisida biasa dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada jaminan yang diperkirakan. Menurut sebuah studi baru, neonicotinoid dapat membunuh serangga yang bermanfaat seperti lebah madu, lalat hover, dan tawon parasit dengan mengkontaminasi madu, cairan kaya gula yang dikeluarkan oleh serangga tertentu.

Para peneliti sudah tahu bahwa neonicotinoid dapat membahayakan lebah madu dan serangga bermanfaat lainnya ketika diterapkan pada tanaman penting seperti kapas, kentang, dan jeruk. Sebuah studi tahun 2017, misalnya, menemukan bahan kimia dapat meracuni lebah, menyebabkan gejala seperti kelumpuhan, muntah, atau kematian ketika mereka memakan nektar atau serbuk sari yang terkontaminasi, atau bahkan merangkak di permukaan yang disemprot. Namun neonicotinoid masih menyumbang lebih dari 20% pasar insektisida dunia.

Dalam studi baru, para ilmuwan ingin melihat apakah bahan kimia dapat membahayakan ini dan serangga lainnya secara tidak langsung. Mereka melihat ke kutu putih invasif , serangga sepanjang 6 milimeter yang memakan tanaman yang biasanya terkontaminasi dengan pestisida. Ketika mereka tidak ada, serangga mengeluarkan zat lengket yang disebut honeydew, yang memakan serangga penyerbuk seperti hoverflies dan tawon parasit.

Para ilmuwan menerapkan dua insektisida neonicotinoid yang paling umum digunakan (thiamethoxam dan imidacloprid) untuk pohon clementine yang tumbuh di rumah kaca. Mereka menambahkan bahan kimia ke tanah dalam satu kelompok dan menyemprotkannya pada daun di kelompok lain, meniru cara petani mengendalikan serangan hama hari ini.

Tim menyemprot kelompok ketiga pohon dengan air suling sebagai kontrol. Kemudian mereka menginfeksi pohon-pohon itu dengan kutu putih dan memberi makan madu mereka pada hoverflies dan tawon parasit.

Semua lalat terbang yang memakan madu dari pohon yang disemprot thiamethoxam meninggal dalam waktu 3 hari, sementara hanya 10% dari kelompok kontrol yang mati, para peneliti melaporkan hari ini di Prosiding National Academy of Sciences.

Pada pohon yang diolah tanah, hampir 70% dari hoverflies meninggal karena bahan kimia yang sama, dibandingkan dengan sekitar 14% pada kelompok kontrol. Lebih dari separuh tawon juga mati setelah memakan madu dari pohon yang dirawat dan disemprot tanah (dengan thiamethoxam), sedangkan kurang dari 20% meninggal dalam kontrol.

Studi ini menunjukkan bahwa honeydew bisa menjadi cara lain serangga menguntungkan terkena insektisida yang mematikan. Hal ini dapat menghancurkan lebih banyak serangga di jaring makanan daripada nektar yang terkontaminasi insektisida, kata tim, karena melon lebih berlimpah, terutama di bidang pertanian. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 06 Agu 2019 - 13:37

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: