Ilmuan Berharap, Peta Baru Genom Komodo Bisa Digunakan untuk Melestarikan Kadal Lainnya

05 Agu 2019   22:00 WIB

Peta baru Genom komodo diharapkan bisa membantu melestarikan jenis kadal lainnya. (Istimewa)

Trubus.id -- Komodo (Varanus komodoensis) selalu menjadi makhluk aneh di dunia reptil. Sistem kardiovaskular mereka yang tidak biasa dan indra penciumannya yang kuat dan kuat membantu mereka berburu — dan menemukan pasangan — lebih mudah daripada spesies kadal lainnya.

Sekarang, para ilmuwan tahu mengapa, berkat sekuensing genom komodo yang pertama kalinya. Untuk memahami mengapa komodo begitu unik, para ilmuwan menghabiskan 8 tahun mengumpulkan data dan mengurutkan genom dari empat kadal dari empat kebun binatang (termasuk Slasher, di atas, dari Zoo Atlanta). Mereka kemudian memetakan sejarah evolusi Komodo dengan membandingkan genom mereka dengan tiga burung, empat mamalia, dan 15 reptil dalam keluarga Varanidae, termasuk kadal buaya Cina dan anol Carolina.

Baca Lainnya : Penelitian Genom Menemukan Akar Keuletan Komodo dalam Mencari Mangsa

Hampir 201 gen menonjol, termasuk gen yang memberi kode untuk beberapa sifat komodo yang paling tidak biasa, seperti kemampuan mereka untuk menggunakan feromon untuk membidik dan menyergap mangsa. Beberapa gen tampaknya meningkatkan metabolisme mereka, memungkinkan mereka untuk memproses karbohidrat lebih cepat untuk energi lebih banyak selama periode berburu dan berkelahi yang lama.

Para peneliti juga menemukan gen yang mengkode protein yang digunakan dalam hemostasis, proses pembekuan darah yang memungkinkan kadal bertahan hidup dari gigitan komodo lainnya, yang air liurnya mengandung bahan kimia pengencer darah, lapor para peneliti di Nature Ecology & Evolution seperti dilansir dari sciencemag.com.

Para ilmuwan berharap peta baru genom komodo mereka tidak hanya akan membantu mereka lebih memahami kadal seperti Slasher, tetapi juga akan menyediakan templat untuk meneliti — dan melestarikan — kadal lain dalam keluarga yang sama.