Mulai Konsumsi Satu Mentimun Sehari, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Anda

TrubusLife
Syahroni
05 Agu 2019   21:00 WIB

Komentar
Mulai Konsumsi Satu Mentimun Sehari, Ini yang Akan Terjadi  pada Tubuh Anda

Mentimun kaya akan nutrisi yang baik dalam daging maupun kulit buahnya. (Health & Human Research.)

Trubus.id -- Sebagian besar dari kita memiliki pendapat tentang mentimun. Hambar, membosankan, dan agak tidak berguna adalah di antaranya. Tetapi meskipun memiliki rasa yang ringan, mentimun sama sekali tidak membosankan dan ada beberapa alasan bagus untuk memakannya.

Sebagai permulaan, mentimun menyamar sebagai sayuran, tetapi benar-benar buah. Itu menarik, bukan? Lebih dari itu, mentimun memiliki jumlah nutrisi yang mengejutkan, baik dalam daging maupun kulitnya. Mentimun juga tidak mengandung lemak, sangat sedikit kalori, dan banyak air. Hal ini yang menjadikannya fantastis untuk menjaga hidrasi yang baik dan mendukung penurunan berat badan.

Jadi jika Anda melewatkan mentimun karena Anda yakin itu tidak ada gunanya, saatnya untuk mempertimbangkan kembali keputusan anda. Makan mentimun setiap hari sangat baik untuk Anda baik dari luar maupun dalam tubuh. Mentimun bahkan dapat memberikan perlindungan terhadap kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca Lainnya : Jangan Dibuang, Air dari Acar Mentimun Juga Banyak Manfaat Kesehatannya Loh

Dilansir dari Health & Human Research, berikut ini adalah semua perubahan tubuh positif yang dapat Anda harapkan ketika Anda mulai makan satu mentimun setiap hari.

1. Perlindungan Penyakit

Mentimun mengandung banyak antioksidan, yang merupakan molekul yang dapat mencegah kerusakan oksidatif dalam tubuh. Mereka berikatan dengan dan menetralkan elektron tidak berpasangan yang disebut radikal bebas untuk melindungi Anda dari masalah seperti penyakit kronis dan penuaan dini. Faktanya, kerusakan akibat radikal bebas memiliki hubungan kuat dengan masalah jantung dan paru-paru, kanker, dan penyakit autoimun.

Ketika Anda makan mentimun setiap hari, Anda meningkatkan asupan antioksidan, terutama varietas flavonoid dan tanin yang kuat. Satu studi yang melengkapi diet 30 orang dewasa dengan bubuk mentimun menemukan bahwa untuk setiap peserta, tingkat aktivitas antioksidan meningkat secara signifikan dari angka awal.

2. Tubuh Terhidrasi Lebih Baik

Jelas kita semua mengerti bahwa hidrasi itu penting, namun banyak dari kita yang berjuang untuk benar-benar minum cukup air setiap hari. Mungkin Anda terlalu sibuk, atau mungkin Anda tidak peduli. Apa pun alasannya, itu adalah masalah karena air memainkan peran penting dalam pengaturan suhu, metabolisme, kinerja fisik, dan pembuangan limbah. Tingkat dehidrasi kronis yang rendah dapat berdampak serius pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kabar baiknya adalah Anda bisa mendapatkan lebih banyak air dalam makanan dengan mengonsumsi makanan kaya air seperti mentimun. Semua buah-buahan dan sayuran mengandung banyak air, tetapi mentimun sebenarnya adalah 96% air. Itu bisa memberi Anda keuntungan besar dalam hidrasi untuk usaha yang relatif sedikit. Studi menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi buah dan sayuran meningkatkan status hidrasi. Bahkan, sangat bisa diterima untuk mendapatkan hingga 40% dari kebutuhan hidrasi harian Anda dari makanan.

3. Potensi Penurunan Berat Badan

Mentimun yang sederhana sebenarnya menawarkan beberapa cara untuk menurunkan berat badan bersamaan dengan perubahan gaya hidup lainnya - mengurangi asupan gula tambahan menjadi yang utama di antara mereka. Ketimun membantu karena mereka sangat rendah kalori tetapi tinggi serat. Memakannya membantu Anda merasa kenyang dan puas tanpa banyak karbohidrat yang mengurangi berat badan.

Baca Lainnya : Infused Water Mentimun, Rahasia Cepat Langsing dan Antihipertensi

Jika Anda makan mentimun utuh setiap hari, Anda hanya akan mengonsumsi 45 kalori (dan tidak mengandung lemak) tetapi mendapatkan protein, vitamin C, vitamin K, magnesium, potasium, dan mangan dalam jumlah yang signifikan. Tapi jangan lupa tentang airnya. Studi menunjukkan bahwa makan makanan yang dikemas dengan makanan berair tinggi dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam massa tubuh.

4. Turunkan Gula Darah

Gula darah yang tidak terkontrol adalah pemicu di balik diabetes, dan varietas Tipe 2 terutama terkait dengan diet tinggi gula. Dokter sekarang mengerti bahwa bahkan jika Anda belum menderita diabetes total, kadar gula darah tinggi yang kronis membuat tekanan yang luar biasa pada tubuh dan sangat meningkatkan risiko terkena penyakit ini. Kondisi ini disebut prediabetes, dan ratusan ribu orang bahkan tanpa menyadarinya.

Masuk akal untuk mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan gula darah Anda sekarang. Beberapa penelitian pada hewan dan tabung reaksi menunjukkan bahwa mentimun mungkin memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar gula darah dan melindungi terhadap diabetes. Satu studi pada hewan mengamati efek beberapa tanaman berbeda pada kadar gula darah, dan mentimun ditemukan untuk menguranginya. Studi hewan lain menyimpulkan bahwa ekstrak kulit mentimun dapat membalikkan perubahan terkait diabetes pada tikus dengan penyakit ini.

5. Keteraturan Usus

Tidak ada yang suka membicarakannya, tetapi sembelit adalah gelandangan utama (pun intended). Banyak hal yang menyebabkan konstipasi, termasuk stres, dehidrasi, dan pola makan yang buruk. Tapi jangan takut, makan mentimun setiap hari dapat membantu Anda tetap teratur. Seperti yang kita ketahui, ini mengandung banyak air, yang membantu melunakkan feses dan membuatnya mudah dilewati.

Baca Lainnya : Catat 5 Khasiat Baik Mentimun untuk Kulit

Serat dalam mentimun juga menyediakan bantuan. Jenis khusus dalam mentimun adalah serat larut yang disebut pektin. Studi menunjukkan bahwa pektin menambah kotoran Anda (yang sebenarnya membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan) serta mempercepat pergerakan otot usus dan memberi makan bakteri usus yang baik yang kita andalkan untuk mendukung pencernaan.

Kesimpulan

Mentimun berkhasiat dan menyegarkan, juga bebas lemak dan tinggi serat. Karena rasanya yang ringan, beberapa orang menganggapnya membosankan, tetapi kami lebih suka menyebutnya serbaguna! Mentimun berpadu baik dengan sayuran hijau dan hampir semua sayuran yang bisa Anda pikirkan. Mereka dapat dicampur menjadi smoothie, jus, dan sup untuk meningkatkan kesehatan yang Anda bahkan tidak akan merasakannya. Dan dengan rasa alami yang ringan, mentimun memiliki rasa yang lebih kuat dengan sangat baik.

Makan setidaknya satu mentimun setiap hari membuat Anda mendapatkan beberapa manfaat kesehatan yang signifikan. Anda mungkin akan menurunkan berat badan, sebagai permulaan, serta menyeimbangkan hidrasi, mencapai keteraturan pencernaan, menurunkan gula darah, dan mengurangi risiko terkena penyakit tertentu, termasuk kanker. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: