6 Manfaat Kunyit yang Luar Biasa pada Tubuh Manusia

TrubusLife
Syahroni
04 Agu 2019   12:00 WIB

Komentar
6 Manfaat Kunyit yang Luar Biasa pada Tubuh Manusia

Kunyit memiliki segudang manfaat kesehatan bagi manusia. (WebMD)

Trubus.id -- Kunyit mungkin suplemen ajaib yang asli. Bumbu beraroma inilah yang memberi kari warna oranye, tetapi lebih dari itu. Ada tumpukan studi yang menunjukkan kemampuan kunyit untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan otak Anda. Tetapi bahkan sebelum secara resmi dipelajari, kunyit telah digunakan sebagai obat di India selama ribuan tahun.

Jadi ada apa dengan kunyit yang sangat bermanfaat? Para ilmuwan telah mempersempitnya menjadi curcuminoids, yang paling penting adalah curcumin. Curcumin memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi yang kuat, tetapi konsentrasinya dalam kunyit tidak terlalu tinggi - sekitar 3% berat.

Makan kunyit selalu merupakan pilihan yang baik, tetapi Anda dapat mendorong manfaat lebih jauh dengan mencari suplemen curcumin yang baik. Tetapi apakah Anda makan kunyit atau mengambil suplemen curcumin, Anda akan membutuhkan bahan kuat lain untuk meningkatkan penyerapan Anda.

Tanpa itu, sebagian besar curcumin kemungkinan akan pingsan dari tubuh Anda tanpa digunakan. Baca terus untuk mengetahui semua manfaat kunyit yang luar biasa - # 6 benar-benar luar biasa - dan kemudian kami akan berbagi bahan ajaib yang menjadikannya lebih jauh.

1. Efek Anti-Peradangan Alami

Peradangan adalah mekanisme pertahanan yang sangat penting ketika Anda mengalami cedera atau infeksi. Ini membantu tubuh mengisolasi daerah yang terkena dampak dan melawan penjajah asing. Tanpa peradangan, patogen berbahaya akan memiliki jalur yang jelas untuk mengambil alih tubuh Anda sepenuhnya. Namun, peradangan adalah alat yang agak tumpul dan kadang-kadang bisa menjadi kronis tanpa alasan. Ketika itu terjadi, Anda berisiko terhadap semua jenis penyakit, termasuk kanker, diabetes, penyakit jantung, dan Alzheimer.

Curcumin memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat sehingga menyaingi beberapa obat yang dirancang khusus untuk meredakan peradangan, tetapi tanpa efek samping yang berbahaya. Curcumin dikenal untuk memblokir molekul NF-kB yang bergerak ke inti sel dan mengaktifkan peradangan. Jadi, ketika Anda makan kunyit atau mengonsumsi suplemen kurkumin, Anda mengurangi peradangan di tingkat sel.

2. Peningkatan Kapasitas Antioksidan

Antioksidan mampu memblokir kerusakan oksidatif, yang merupakan salah satu mekanisme di balik penuaan dan penyakit. Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif dengan elektron yang tidak berpasangan - ini dapat memantul ke seluruh tubuh Anda dan bereaksi dengan asam lemak, protein, atau DNA. Efek dari proses ini menunjukkan secara eksternal pada kulit Anda dalam bentuk penuaan dini, atau secara internal dalam bentuk penyakit, terutama kanker.

Antioksidan seperti curcumin mengikat radikal bebas dan menetralisirnya sebelum merusak. Tapi itu tidak semua yang bisa dilakukan oleh kurkumin. Ini juga tampaknya merangsang enzim antioksidan tubuh sendiri untuk bekerja lebih keras. Dengan cara ini Anda mendapatkan perlindungan ganda dari makan kunyit.

3. Fungsi Otak Lebih Baik

Neuron dalam otak kita tidak pernah seaktif di masa kecil, tetapi itu tidak berarti bahwa mereka tidak terus bertambah banyak dan membuat koneksi baru sepanjang hidup kita. Proses ini didorong oleh hormon pertumbuhan yang disebut faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, atau BDNF. Penurunan kadar hormon ini diduga berada di belakang kondisi seperti depresi dan Alzheimer.

Apakah Anda akan terkejut mengetahui bahwa curcumin meningkatkan kadar BDNF di otak? Kemampuan itu bisa menunda atau membalikkan gangguan otak yang berkaitan dengan usia, meningkatkan daya ingat, dan bahkan mungkin membuat Anda lebih pintar. Ini tentu saja dapat meningkatkan mood Anda setiap hari. Jadi pastikan untuk mendapatkan curcumin Anda dalam beberapa hari dan minggu menjelang ujian atau presentasi besar!

4. Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung membunuh lebih banyak orang di seluruh dunia daripada yang lainnya. Ini adalah penyakit yang rumit dengan banyak faktor yang berkontribusi, tetapi curcumin mungkin dapat melindunginya. Seperti yang telah kita bahas, curcumin adalah senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang kuat. Kedua fungsi tersebut dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Lebih dari itu, kurkumin tampaknya bermanfaat bagi endotelium, atau lapisan pembuluh darah. Masalah dengan endotelium menyebabkan masalah dengan regulasi tekanan darah, pembekuan darah, dan faktor pengaturan jantung lainnya. Satu penelitian menetapkan bahwa curcumin sama efektifnya dengan olahraga dalam meningkatkan kesehatan jantung, sementara yang lain berpendapat bahwa kurkumin sama efektifnya dengan obat jantung Atorvastatin.

5. Pencegahan Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan yang dihadapi manusia dan hewan. Ini terjadi ketika pertumbuhan sel-sel tertentu menjadi cepat dan tidak terkendali. Sel-sel kanker yang tidak diperiksa kemudian menumbuhkan tumor dan menyebar ke bagian lain dari tubuh. Ada berbagai bentuk kanker, tetapi beberapa di antaranya mungkin rentan terhadap curcumin. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, dan bahkan menyebabkan kematian mereka dalam beberapa keadaan.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan dengan pasti peran apa yang mungkin dimainkan oleh kurkumin dalam pengobatan kanker, tetapi sudah ada bukti meyakinkan bahwa itu dapat membantu mencegah perkembangan kanker. Ini benar terutama ketika datang ke kanker pencernaan seperti perut atau kanker kolorektal.

6. Pereda Nyeri

Banyak dari apa yang disebut "penghilang rasa sakit" yang bisa Anda beli tanpa resep benar-benar menargetkan rasa sakit melainkan peradangan. Ibuprofen adalah contoh utama. Ternyata, curcumin setidaknya sama efektifnya dengan obat-obatan antiinflamasi kimia ini.

Penelitian telah menunjukkan bahwa itu sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit yang dialami oleh penderita radang sendi. Faktanya, curcumin ternyata lebih efektif daripada obat antiinflamasi untuk orang dengan tipe rheumatoid arthritis. Curcumin juga dapat membantu orang dengan cedera atau rasa sakit setelah berolahraga.

Kesimpulan

Curcumin adalah senyawa yang sangat ampuh yang meningkatkan fungsi tubuh Anda, memperlambat penuaan, dan meningkatkan kekuatan otak dan suasana hati. Kunyit adalah cara terbaik untuk menambahkan curcumin ke dalam makanan Anda, tetapi jumlah curcumin dalam kunyit relatif rendah. Suplemen kurkumin mungkin bermanfaat bagi orang yang berharap dapat mengobati gangguan yang ada.

Namun, mengonsumsi suplemen curcumin saja masih tidak berarti bahwa banyak dari itu akan masuk ke aliran darah Anda. Untuk itu, pastikan suplemen yang Anda pilih juga mengandung zat yang disebut piperine. Piperine adalah senyawa aktif dalam lada hitam yang memiliki segala macam manfaat kesehatan sendiri, selain meningkatkan kapasitas tubuh Anda untuk menyerap curcumin sebesar 2.000%!

Saat Anda makan kunyit, pastikan untuk memasukkan lada hitam. Itu tidak masalah karena kedua bumbu tersebut terasa enak bersama. Dan ini ada beberapa berita lagi yang kami harap dapat diterima - curcumin larut dalam lemak, jadi ini bekerja paling baik jika dikonsumsi dengan makanan berlemak. Meskipun kami tidak merekomendasikan terlalu banyak mengonsumsi lemak trans yang tidak sehat, jangan ragu untuk mengonsumsi alpukat, kacang-kacangan, dan bahkan telur dengan makanan yang mengandung curcumin.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Mulai Sekarang Hindari 5 Kesalahan Cuci Tangan Ini!

Health & Beauty   30 Mei 2020 - 22:03 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Masker Wajah Membuat Kacamata Berembun? Ini Dia Cara Mengatasinya

Health & Beauty   30 Mei 2020 - 20:07 WIB
Bagikan: