Kelebihan yang Dimiliki Pupuk Organik Cair

TrubusLife
Marthin Saur
29 Juli 2019   12:41 WIB

Komentar
Kelebihan yang Dimiliki Pupuk Organik Cair

Ilustrasi pupuk cair (Istimewa)

Komitmen agar bisa hidup sehat di Jakarta itu tidaklah murah. Tren gaya hidup sehat yang tengah hangat saat ini seperti kelas acroyoga, pilates, banyak bermunculan. Namun itu semua harus diimbangi dengan makanan sehat dan organik guna mencapai bentuk tubuh ideal dan kebugaran maksimal.

Oleh sebab itu, makanan yang mengandung organik saat ini diburu oleh banyak orang. Perlu diketahui bersama, bahan pangan organik adalah bahan pangan yang diproduksi dengan menggunakan metode pertanian organik, yang membatasi input sintetik modern seperti pestisida sintetik dan pupuk kimia. 

Nah, jika Trubus Mania ingin mencoba produksi makanan organik sendiri, maka tidak salah jika menggunakan pupuk organik yang menunjang gaya hidup sehat yang selaras dengan alam. 

Baca Lainnya : Pupuk Kimia Pengaruhi Kualitas Tanah, Ragam Pupuk Organik Berikut Ini Lebih Ramah

Pupuk organik sendiri memiliki beberapa jenis. Sebut saja pupuk kandang dan kompos. Tapi sekarang, ada juga pupuk organik yang berbentuk cairan. Pupuk organik yang berbentuk cair ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh pupuk lain. Berikut kelebihan pupuk organik berbentuk cair tersebut:

Keuntungan dari Segi Ekonomi

Keuntungan pertama dari penggunaan pupuk organik cair adalah penggunaan biaya yang lebih efektif. Pupuk organik adalah pupuk yang bisa dibuat sendiri dengan sisa-sisa makanan yang dibusukkan sehingga lebih menghemat anggaran.

Keuntungan dari Penggunaan

Karena berasal dari bahan organik dan tidak mengandung bahan kimiawi, secara otomatis pupuk organik yang bersifat cair ini tidak memiliki efek toksik. Sehingga menggunakan pupuk jenis ini tidak membahayakan kesehatan pengguna karena tidak ada efek toksisitas.

Baca Lainnya : Washington Legalkan Penggunaan Jenazah Manusia sebagai Pupuk Organik agar Tanah Subur

Keunggulan Produktivitas Tanaman
Pupuk organik cair juga memiliki efek yang baik bagi tananman berupa pertumbuhan terkendali. Ini karena pupuk ini tidak terlalu merangsang bagi pertumbuhan tanaman. Sehingga produktivitas lebih tinggi. Penggunaan pupuk ini juga dapat mempercepat inisiasi tunas baru dan juga kematangan tanaman hingga 10 hari.

Meningkatkan Kualitas dan Daya Tahan Tanaman

Pupuk cair dapat meningkatkan kualitas dari tanaman itu sendiri. penggunaan pupuk organik cair meningkatkan ukuran kepala dan juga mempengaruhi warna sekaligus tekstur daun dengan lebih baik.

Selain itu, tanaman juga jadi jauh lebih kuat terhadap serangan rumput. Karena berbentuk cair, sehingga kandungan yang terdapat dalam pupuk organik ini lebih cepat terserap. Ini mempengaruhi pertumbuhan batang yang lebih kuat, meningkatan pengembangan akar dan peningkatan toleransi tanaman terhadap stres dan penyakit.

Tidak Merusak Komposisi Tanah

Biasanya, ketika menggunakan pupuk berbahan kimia terlalu sering, keadaan tanah akan leih cepat tandus karena ada beberapa bahan yang bisa merusak komposisi tanah. Tidak demikian jika memakai pupuk organik cair. 

Ini karena pupuk ini mengandung bahan organik penting untuk pertumbuhan mikroorganisme. Pertumbuhan mikro-organisme yang baik akan menyebabkan kesuburan tanah tetap terjaga dan tidak cepat menjadi tandus.

Pupuk cair juga bisa membuka pori-pori tanah, sehingga mikroba yang baik untuk tanah akan berkembang biak dan mulai melepaskan nutrisi, seperti tanaman menggunakannya. Pupuk ini juga aman untuk semua tanaman tanpa bahaya terbakar karena tidak mengandung konsentrasi garam.

Baca Lainnya : Limbah Rumput Laut Sumber Pupuk Organik Terbaik 

Pupuk Organik Cair Lebih Tahan Lama dan Menutrisi Tanah

Pupuk organik dalam bentuk lebih memiliki daya tahan lebih lama dibandingkan pupuk yang mengandung bahan kimia. Ini karena pupuk jenis ini tidak memiliki tanggal kadaluarsa.

Pupuk ini juga meningkatkan kualitas tanah karena mengandung mikroba yang mengubah bahan organik menjadi bentuk nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Cacing tanah juga akan makan pada bahan organik dimakan dan melonggarkan tanah.

Tidak Berbahaya Bagi Lingkungan

Penggunaan pupuk cair organik juga tidak berbahaya bagi lingkungan karena bebas dari residu berbahaya atau tidak akan menyebabkan polusi. Selain itu, penggunaan bahan sisa untuk pembuatan pupuk organik cair juga bisa mengurangi populasi sampah organik. Ini berarti akan gas metana yang dihasilkan oleh pembusukan bahan organik juga akan berkurang.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki pupuk organik cair. Selain berguna bagi tumbuhan, pupuk ini juga memiliki manfaat bagi kondisi lingkungan. [NN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: