5 Manfaat Minyak Ardan untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
26 Juli 2019   18:30

Komentar
5 Manfaat Minyak Ardan untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Minyak ardan terbuat dari biji pohon argan (argania spinosa) yang banyak ditemukan di Maroko. (Istimewa)

Trubus.id -- Rambut yang sehat, kuat dan berkilau adalah idaman setiap perempuan. Karena itu, berbagai macam perawatan dilakukan demi memperindah rambut mereka. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan alami yang dipercaya tidak menimbulkan dampak berbahaya. Minyak ardan lah salah satunya.

dr. Caroline Claudia dalam artikelnya yang diterbitkan di Aladokter menjelaskan, minyak argan berasal dari biji pohon argan (Argania spinosa) yang banyak ditemukan di negara Maroko. Minyak ini mengandung berbagai jenis lemak nabati (sterol) dan asam lemak, seperti asam oleat, asam linoleat, asam stearat, dan asam palmitat.

Selain itu, minyak argan juga mengandung vitamin E, omega-3, dan antioksidan polifenol, beta-karoten, serta xantofil. Berkat khasiatnya, minyak ini telah lama digunakan sebagai bahan pangan, obat tradisional, maupun bahan perawatan kulit dan rambut.

Manfaat Minyak Argan pada Rambut

Minyak argan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk kesehatan rambut. Berikut ini adalah peran minyak argan dalam menjaga kesehatan rambut:

1. Memberikan nutrisi dan menjaga kelembapan rambut

Minyak argan kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Asam oleat dan asam linoleat yang terkandung di dalamnya akan melapisi kulit kepala dan bagian terluar batang rambut (kutikula), serta menjaga kelembapan rambut.

2. Menjaga kesehatan kulit kepala

Selain melembapkan, minyak argan juga mampu mengatasi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka pada kulit kepala. Vitamin E, polifenol, karoten, asam lemak, serta xantofil dalam minyak argan berperan sebagai antioksidan yang berfungsi melindungi kulit, menekan proses peradangan, dan mempercepat pernyembuhan luka di kulit kepala.

3. Menjadikan rambut halus, berkilau, dan mudah diatur

Minyak argan bisa berfungsi sebagai kondisioner untuk membuat rambut menjadi berkilau, halus, serta lebih mudah disisir dan diatur. Minyak argan juga baik digunakan untuk membantu mengatasi rambut kusut.

4. Memperbaiki kerusakan rambut

Minyak argan bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan rambut akibat proses penataan rambut yang menggunakan panas (heat styling) atau zat kimia, seperti cat rambut. Zat kimia dalam cat rambut bisa menghancurkan protein rambut sehingga rambut menjadi mudah rusak.

Asam linoleat dan asam oleat pada minyak argan mampu mengurangi jumlah protein yang hancur, di samping juga melindungi rambut dari proses heat styling, karena kedua asam lemak tersebut akan melapisi batang rambut. Selain itu, perawatan dengan minyak argan dapat mencegah ujung rambut bercabang dan mengatasi rambut yang mudah patah, sehingga rambut akan menjadi lebih tebal dan lebih sehat.

5. Mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut

Vitamin E pada minyak argan dikatakan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperkuat strukturnya. Terdapat penelitian yang juga menyatakan bahwa minyak argan mampu mencegah kerontokan rambut. Namun, belum banyak penelitian yang membahas hal ini sehingga manfaat tersebut belum dapat dipastikan. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Begini Cara Memanfaatkan Kopi untuk Kecantikan Wajah

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: